News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

YKAI dan Lions Club Solo Mustika Gelar Program Mahakarya Batik Humanity in Harmony

YKAI dan Lions Club Solo Mustika Gelar Program Mahakarya Batik Humanity in Harmony

WARTAJOGJA.ID : Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) bersama Lions Club Solo Mustika memperkenalkan Program Mahakarya Batik “Humanity in Harmony" yang merupakan rangkaian kegiatan
membuat kain batik sepanjang 50 meter hasil kolaborasi antara keluarga S. Iwan Setiawan (Lck Iwon, salah satu Maestro Batik Indonesia) dengan anak-anak pejuang kanker di 3 kota yaitu Solo, Jakarta, dan Yogyakarta. 

Program ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional 2024, Rabu 2 Oktober 2024.
di kawasan Museum Benteng Vredeburg-Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Karya anak-anak penyintas kanker dari tiga kota yakni Solo, Yogyakarta, dan Jakarta itu dituangkan di kain sepanjang 50 meter. Di mana setiap karya memuat kisah dan imajinasi anak-anak penderita kanker itu.


"Dari anak-anak yang terlibat dalam pembuatan karya ini, satu anak dari Solo sudah berpulang (meninggal dunia) terlebih dulu saat proses membatik di Mangkunegaran Solo," kata inisator aksi itu, Idha Jacinta, Rabu.

Setiap karya berkisah tentang imajinasi dan mimpi para anak penyintas kanker itu. Sebagian besar bercerita tentang Indonesia.

Misalnya, karya bergambar sebuah keluarga seperti sedang berlibur dengan latar Candi Borobudur, ada juga sebuah keluarga sedang menikmati momen santai di rumah sembari membaca koran, bahkan ada gambar para tokoh wayang Punakawan tengah bercakap cakap.

Idha mengungkapkan, semua karya batik anak anak itu sudah berhasil terjual dengan harga Rp 15 juta setiap karyanya. Untuk di Kota Yogyakarta yang diikuti 20 anak penyintas kanker, total dana yang terkumpul senilai Rp 300 juta. 

"Dana hasil penjualan karya anak anak ini seluruhnya didonasikan, untuk pembangun rumah singgah anak penyintas kanker," kata dia.

Aksi serupa juga digalang di Kota Solo yang diikuti 20 anak penyintas kanker dan di Jakarta yang diikuti 25 anak.

Idha mengatakan, dalam aksi yang juga melibatkan komunitas batik lukis Taman Sari Yogyakarta itu digagas sebagai dukungan bagi para anak anak yang saat ini sedang berjuang menghadapi penyakit kanker yang dialami mereka.

Dalam proses pembuatan batik ini, para anak penyintas kanker itu sebelumnya berkumpul di tiga tempat berbeda untuk bersama sama membuat karya batik. 


Misalnya di Solo, pusat pembuatan batik bertempat di Pura Mangkunegaran, lalu di Jakarta dipusatkan di Museum Batik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan saat di Yogyakarta dipusatkan di Hotel Ambarrukmo.

Dalam aksi itu, karya batik anak anak penyintas kanker itu awalnya dibentangkan di depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Lalu diarak dan dipertontonkan kepada publik di pinggir jalan kawasan Titik Nol Kilometer dan dibawa masuk ke area Museum Benteng Vredeburg.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment