News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Kapasitas Pengajar, Dosen Psikologi UMBY Ikuti Uji Kompetensi di LSP Psikologi Indonesia

Tingkatkan Kapasitas Pengajar, Dosen Psikologi UMBY Ikuti Uji Kompetensi di LSP Psikologi Indonesia


WARTAJOGJA.ID: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas dosen melalui pelaksanaan Uji Kompetensi yang dilaksakanan di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Psikologi Indonesia pada Sabtu (21/9/2024). 

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari upaya Fakultas Psikologi untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan kompetensi dari para dosen terkait. 

Tahun lalu, Fakultas Psikologi UMBY mengirimkan 10 dosen untuk mengikuti uji kompetensi dengan 2 skema yaitu Psikolog Industri dan Organisasi, serta Perancang Fasilitator dan Komunitas di tahun 2023. Tahun ini, kembali mengirimkan 7 dosen dengan menambah skema baru, yaitu Psikolog Sekolah yang diikuti oleh Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog, dan Narastri Insan Utami, M.Psi., Psikolog. Skema Psikolog Industri Organisasi diikuti oleh Dr. Sri Muliati Abdullah, M.A., Psikolog beserta Dewi Soerna Anggraeni, M.Psi., Psikolog. Sedangkan Skema Perancang Fasilitator dan Komunitas diikuti oleh Dr. Triana Noor Edwina D.S., M.Si., Psikolog dan Sheila Varadhila P., M.Psi., Psikolog. Untuk Skema Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM) diikuti oleh Angelina Dyah Arum S., M.Psi., Psikolog.

Sebagai keberlanjutan dari program MBKM sebelumnya, di tahun kedua ini para pengajar yang diikutsertakan dipilih sesuai dengan kepakaran ilmu yang dimiliki dan relevansinya dengan mata kuliah yang diampu. Reny Yuniasanti, M.Psi., Ph.D., Psikolog, selaku Dekan Fakultas Psikologi UMBY menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Ia berharap para dosen dapat mengimplementasikan hasil sertifikasi kompetensi ini dengan mengembangkan materi maupun praktik perkuliahan yang lebih komperehensif. Dengan demikian, mahasiswa juga mendapatkan manfaat dari kegiatan uji kompetensi ini dengan pengalaman dan proses belajar yang lebih mendalam maupun praktik di luar kelas. 

“Peningkatan Uji Kompetensi pada dosen sebagai staff pengajar merupakan hal penting yang terus menerus diupayakan oleh Fakultas Psikologi sebagai bukti nyata menjaga kualitas pengajaran dan pada akhirnya dapat mendukung proses belajar mahasiswa baik di dalam maupun di luar kelas,” kata Reny Yuniasanti. 

Selain sebagai salah satu bentuk implementasi dari MBKM Hibah Dikti, uji kompetensi ini diharapkan juga dapat memperkuat kompetensi dosen sesuai bidang keilmuannya dalam psikologi. Hal ini juga dapat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. 


Beberapa peserta uji kompetensi mengungkapkan manfaat dari proses sertifikasi ini membuat mereka terus menerus belajar hal baru untuk disalurkan kepada mahasiswa. 

“Kesempatan yang baik haruslah di barengi dengan usaha maksimal, harapan saya semoga dengan sertifikasi ini saya bisa menyumbangkan hal yang positif bagi Fakultas Psikologi UMBY baik melalui pengajaran, pengabdian masyarakat, maupun dalam penelitian-penelitian yang terkait dengan Industri dan Organisasi,” ungkap Dewi Soerna Anggareni, M.Psi., Psikolog, salah satu peserta.

Selain itu, Sheilla Varadhila Peristianto, M.Psi., Psikolog yang ikut serta menjadi peserta dalam skema Perancang Fasilitator dan Komunitas juga menyampaikan bahwa melalui sertifikasi ini, dosen menjadi tahu bahwa ketika berhadapan dengan masyarakat/komunitas. “Jika sesuai skema yang saya ikuti, ternyata se-yogya-nya kami harus memiliki kompetensi-kompetensi yang harus dipenuhi dan itu mencakup langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan sesuai disiplin ilmu dan keahlian kami sebagai dosen,” ujarnya.


Anggian Heksa Efraim Sinaga, M.Psi., Psikolog, dari Departemen Sertifikasi LSP Psikologi Indonesia, sekaligus penanggung jawab pelaksaan uji kompetensi UMBY mengungkapkan apresiasinya kepada Fakultas Psikologi UMBY yang berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi dari para dosen sehingga untuk kedua kalinya kembali mengirimkan peserta dengan beberapa skema baru. “Kami berharap Sertifikasi Kompetensi yang diberikan akan bermanfaat bagi proses pengajaran maupun dalam praktik dilapangan. Sukses selalu untuk Fakultas Psikologi UMBY,” imbuhnya. 

Fakultas Psikologi UMBY percaya bahwa dengan meningkatkan kapasitas dosen, akan tercipta lingkungan belajar yang lebih baik bagi mahasiswa, sekaligus mendukung pengembangan ilmu psikologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment