News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hadiri Dies Natalis ke 66, Ketua MA : Universitas Janabadra Jadi Pilar Pendidikan Hadapi Dinamika Global

Hadiri Dies Natalis ke 66, Ketua MA : Universitas Janabadra Jadi Pilar Pendidikan Hadapi Dinamika Global

WARTAJOGJA.ID: Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta melaksanakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke 66 yang  digelar di Auditorium KPH Poerwokoesoemo UJB, Senin (7/10/2024).

Acara ini turut dihadiri Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Adapun Dies Natalis ke- 66 UJB ini mengusung tema Membangun Paradigma Baru Kampus Kebangsaan dalam Menghadapi Dinamika Global.

Dalam sambutannya, Syarifuddin mengatakan, sebagai salah satu kampus tertua di Daerah Istimewa Yogyakarta, di mana hari pendiriannya bertepatan sama, dengan hari berdirinya Kota Yogyakarta, yaitu sama-sama tanggal 7 Oktober, Universitas Janabadra telah tampil, menjadi salah satu pilar utama pendidikan tinggi, yang berkontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

"Kontribusi Universitas Janabadra
bukan hanya di seputaran wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi juga seantero Indonesia," kata Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, sebagai kampus yang berdiri kokoh dengan tradisi dan nilai-nilai luhur, Universitas Janabadra tidak hanya mengedepankan pendidikan akademik yang unggul, tetapi juga menumbuhkan semangat nasionalisme, integritas, dan nilai-nilai kebangsaan, kepada para mahasiswa dan lulusannya. 

Visi kampus ini seiring sejalan dengan semangat Kota Yogyakarta, sebagai kota pendidikan dan kebudayaan, menjadikan Janabadra sebagai tempat lahirnya generasi-generasi unggul yang siap memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, bangsa, dan negara.


Kini, di usia yang ke-66 tahun, usia yang semakin matang, Universitas Janabadra harus terus berinovasi, menjawab tantangan zaman, tanpa melupakan akar budaya dan sejarah yang telah berkembang. 

"Saya kira, inilah makna sekaligus semangat “Kampus Kebangsaan Dalam Menghadapi Dinamika Global”, sebagaimana tema yang diusung oleh Universitas Janabadra pada Dies Natalis yang ke-66 tahun ini," ujarnya.

Syarifuddin mengatakan, Paradigma Baru Kampus Kebangsaan, dalam Menghadapi Dinamika Global, adalah spirit yang relevan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Tema ini menarik, sekaligus menantang, mengindikasikan bahwa Universitas Janabadra memiliki visi yang kuat untuk menjadi pusat pengembangan intelektual, yang tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga mampu berkontribusi dalam menghadapi tantangan global.

Gagasan ini mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Janabadra, untuk tetap menjunjung tinggi semangat kebangsaan, sebagai landasan dalam menghadapi tantangan global yang dinamis, tanpa harus kehilangan identitas nasional sebagai bangsa.

Di tengah arus perubahan yang begitu cepat, kita dituntut untuk terus berkembang dan beradaptasi, sambil tetap berpegang pada nilai-nilai luhur, yang telah menjadi landasan sejak kampus ini didirikan.

Dinamika global mengacu pada berbagai perubahan dan tantangan, yang dihadapi masyarakat global saat ini, baik di bidang teknologi, ekonomi, sosial, maupun budaya. Di era digitalisasi, revolusi industri 4.0, serta percepatan teknologi, masyarakat Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks di berbagai sektor.

Sebagai praktisi yang bergelut di bidang hukum, khususnya di lembaga Yudikatif, Saya akan membatasi wicara Saya dalam lingkup penegakan hukum, sebagai salah satu sektor yang paling terdampak oleh arus globaliasasi dan digitalisasi.

Adapun Rektor UJB Yogyakarta Dr Risdiyanto mengatakan, tema Dies Natalis ke 66 tersebut diambil karena melihat dinamisasi kehidupan saat ini yang semakin mengglobal baik di bidang teknologi, sosial, politik, ekonomi, maupun
budaya. 
 
"Paradigma baru kampus kebangsaan harus dijiwai dengan nilai-nilai universal seperti keadilan hukum, pemerataan ekonomi, serta kebudayaan yang beradab yang didukung oleh teknologi yang humanis," kata Risdiyanto.

Di tengah dinamika sosial dan persoalan hukum yang terus berkembang tentu membutuhkan solusi yang tepat dan berkeadilan. Berkenaan dengan itu, pada tanggal 9 September 2024 lalu, Hakim Agung Dr Yanto sekaligus alumni Fakultas Hukum mengisi Pembukaan kuliah semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 di UJB.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment