News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Talabumi Coffee dan Talabumi Academy Grand Opening di Sorowajan Baru Yogyakarta

Talabumi Coffee dan Talabumi Academy Grand Opening di Sorowajan Baru Yogyakarta

WARTAJOGJA.ID: PT Talabumi Group resmi melaunching Talabumi Academy dan Talabumi Coffee di Sorowajan Baru, Banguntapan Bantul Yogyakarta, Rabu 11 September 2024.

Grand Opening Talabumi Coffee dan Talabumi Academy ditandai pemotongan tumpeng serta dimeriahkan Latte Art Competition. 

Acara dilanjutkan dengan Talk Show bertema Mendorong Ekosistem Bisnis Kopi Berkelanjutan Berbasis Inovasi, Edukasi, dan Kesadaran Etis Konsumen.

Talk show kali ini dihadiri para pakar industri kopi, inovator dan praktisi, yaitu Larka, Dina Mardhatilah, CEO Talabumi Group Rizaul Ihsan, akademisi dr Ignatius Yulius Kristio Budiasmoro MSi serta Wakil Ketum Kadin DIY Bidang Lingkungan Hidup R Rahadi Saptata Abra SSI MBA.

Talkshow itu mengulas wawasan mengenai pentingnya edukasi dan inovasi dalam menciptakan ekosistem bisnis kopi yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Rizaul Ihsan, CEO Talabumi Group mengatakan kopi tidak hanya identik minuman pahit namun sejatinya di balik itu ada kekuatan bisnis yang mampu menjadi lokomotif menggerakkan ekonomi masyarakat. Inilah salah satu pertimbangan PT Talabumi Group membuka Talabumi Academy dan Talabumi Coffee di Sorowajan Baru, Banguntapan Bantul.

Kawasan Sorowajan Baru dipilih selain lokasinya sangat strategis, juga potensial dan geliat bisnisnya terasa semakin kuat. 

“Secara positioning kita agak sedikit mengambil market yang berbeda. Ini lebih ke orientasi orang-orang yang mau belajar serius di dunia kopi. Kalau untuk kafe-nya sendiri sebetulnya relatif sama dengan teman-teman yang lain, tapi kalau ingin tes yang berbeda, boleh berkunjung ke kafe kami,” ujar Rizaul Ihsan.

Dia menyampaikan kopi merupakan produk yang sangat diminati anak-anak muda bahkan kalangan tua. “Bahkan kopi sekarang tidak lagi sekadar sebatas minum, menikmati kopi itu sendiri sudah menjadi bagian dari lifestyle,” ungkapnya.

Pihaknya melihat ada potensi bisnis industri kopi yang perlu digarap secara serius. “Kita ingin tidak hanya sampai pada lifestyle, keseriusan kami adalah membangun satu standar bisnis yang berkualitas mengenai kopi, maka kita hadirkan Talabumi Academy,” jelasnya.

Dia menyampaikan, Talabumi Coffee dan Talabumi Academy merupakan sebuah inisiatif penting yang bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di industri kopi melalui pendekatan pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.

“Talabumi Academy merupakan wujud nyata komitmen Talabumi Group mendorong pengembangan SDM yang kompeten, inovatif dan berorientasi pada keberlanjutan di industri kopi,” ungkapnya.

Dengan mengedepankan pelatihan terstruktur dan pembelajaran berkelanjutan, lanjut Rizal, akademi ini bertujuan menciptakan tenaga kerja profesional yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan industri kopi di Indonesia.

“Talabumi Academy hadir dengan visi untuk menciptakan SDM berkualitas yang siap menghadapi tantangan industri kopi yang semakin kompleks,” tambahnya.

Adapun program-program pelatihan yang ditawarkan Talabumi Academy meliputi Pelatihan Teknis dan Manajerial yang mencakup aspek meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial di semua level karyawan, mulai dari produksi hingga manajemen rantai pasok.

Kemudian, Edukasi Keberlanjutan yang menanamkan pemahaman mendalam tentang pentingnya keberlanjutan pada setiap aspek bisnis kopi, termasuk praktik pertanian yang ramah lingkungan dan proses produksi yang etis.

Sedangkan Inovasi Berkelanjutan lebih menekankan pada mendorong pengembangan ide-ide baru dan teknologi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi serta keberlanjutan dalam rantai pasok kopi

“Talabumi Academy berperan penting dalam strategi jangka panjang Talabumi Group untuk menciptakan ekosistem bisnis kopi yang berkelanjutan dan inovatif. Dalam dunia yang semakin kompetitif, pengembangan SDM menjadi salah satu kunci utama untuk mempertahankan pertumbuhan dan keunggulan kompetitif,” ungkap Rizal.

Dengan pendekatan pendidikan yang terarah, menurut dia, Talabumi Academy membantu menyiapkan generasi baru tenaga kerja yang tidak hanya memiliki keterampilan profesional tetapi juga memiliki kesadaran etis dan sosial dalam menjalankan bisnis kopi yang bertanggung jawab.

Peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan industri, baik di tingkat lokal maupun global.

Visi Talabumi Academy adalah menciptakan SDM yang profesional, beretika dan siap berkontribusi dalam membangun ekosistem kopi yang berkelanjutan. Sedangkan misinya antara lain memberikan akses pendidikan berkualitas dengan menyediakan program pelatihan dan pengembangan yang dapat diakses oleh seluruh level pekerja dalam rantai bisnis kopi.

Selain itu, juga mendorong inovasi dan kreativitas, menginspirasi peserta pelatihan untuk berani berinovasi dan mencari solusi kreatif untuk tantangan industri.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment