News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Kricak Yogyakarta, UMKM Bisa Manfaatkan Peluang Fasilitas Free Ongkir Lebih Besar

Sarasehan SIBAKUL di Kricak Yogyakarta, UMKM Bisa Manfaatkan Peluang Fasilitas Free Ongkir Lebih Besar

WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL kembali digelar Dinas Koperasi UKM DIY pada Minggu 28 Juli 2024 di Kelurahan Kricak Kota Yogyakarta.
 
Hadir sebagai narasumber 
Huda Tri Yudiana, ST selaku Wakil Ketua DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY , 
May Christianti, SH selaku Lurah Kricak dan Siti Murbani selaku Ketua paguyuban Seton Kepayon

Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY mendorong agar UMKM bisa memanfaatkan fasilitasi free ongkir dari Sibakul yang disediakan pemerintah untuk memperluas pasarnya baik di dalam maupun luar negeri.

"Fasilitasi free ongkir Sibakul ini dulu awalnya hanya Rp 100 juta di tahun 2020, karena belum banyak yang tahu dampaknya seperti apa, tapi saat ini sudah menjadi Rp 4 miliar," kata Siwi.

Meningkatnya fasilitasi free ongkir Sibakul ini, kata Siwi, karena ternyata yang dilakukan para pelaku UMKM ternyata mempunyai dampak yang sangat luar biasa. Namun Siwi mengingatkan, syarat-syarat untuk mendapat fasilitasi free ongkir ini juga perlu jadi perhatian pelaku UMKM. 

"Misalnya yang dapat free ongkir adalah yang berbelanja minimal Rp50.000, jadi ini ada peningkatan dan peningkatan terhadap jumlah omsetnya, tidak hanya di Indonesia bahkan kita ke luar negeri tapi memang ada syarat dan ketentuan karena di dalam free ongkir itu," kata dia.

Siwi mengingatkan Sibakul adalah ruang edukasi belajar bersama para pelaku UMKM. Bagaimana produk dikemas, bagaimana kualitas dijaga.

"Sibakul menjadi salah satu aplikasi atau belajar bersama di dalam ruang itu yang bisa memenuhi itu maka akan mendapatkan fasilitas free ongkir, jadi gabung Sibakul tidak serta merta langsung dapat free ongkir, UMKM nanti akan masuk lagi yang namanya market hub, disitu akan dikurasi teman-teman kita di sana," kata dia.

Siwi menambahkan SiBakul menjadi tempat belajar bersama-sama sebagai sebuah strategi dari misi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta memajukan UMKM.

"Untuk mengetahui seperti apa kekuatan dari teknologinya, manajemen keuangan dan lainnya," kata dia.

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment