News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membanggakan, UKDW Raih Predikat Unggul Kluster 3 untuk Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan

Membanggakan, UKDW Raih Predikat Unggul Kluster 3 untuk Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan


WARTAJOGJA.ID - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih peringkat kelompok tertinggi dengan predikat Unggul pada Kluster 3 dalam Sistem Informasi Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) yang mana penilaian berdasarkan tiga aspek di antaranya adalah kelengkapan dokumen kelembagaan kemahasiswaan, kegiatan mandiri dan kegiatan Kemdikbudristek.

Predikat Unggul bagi UKDW ini tertuang dalam hasil penilaian dan verifikasi data SIMKATMAWA yang dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek untuk dokumen kemahasiswaan UKDW tahun 2022 dan 2023. 

Pemeringkatan ini, membagi perguruan tinggi berdasarkan jumlah mahasiswa aktif pada 2023 yang terdiri dari empat kluster yaitu Klaster I (> 18.000), Klaster II (>5.000 dan <=18.000), Klaster III (>1.000 dan <=5.000) dan Klaster IV (<=1.000). Dalam hal ini, UKDW berada di Klaster 3 dengan jumlah mahasiswa aktif antara 1.000 hingga 5.000 mahasiswa.

Mujiono SE M Sc selaku Kepala Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir (Biro 3) UKDW menerangkan bahwa hasil pemeringkatan pada bidang kemahasiswaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek ini sangat bermakna bagi UKDW.

“Momentum ini dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif pada berbagai kegiatan dan kompetisi yang masuk dalam kategori kegiatan pusat prestasi nasional (puspresnas),” jelas Mujiono dalam keterangan resminya, Rabu (18/9/2024).

Berbagai event kompetisi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbudristek telah diikuti di antaranya National University Debating Championship (NUDC), Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik), Pesta Paduan Suara Gerejawi, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES), ON MIPA, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI). Berbagai kegiatan tersebut terbuka bagi para mahasiswa yang mempunyai talenta untuk dikembangkan dan dilombakan. 

Selain itu, kata dia, UKDW juga menyelenggarakan berbagai kompetisi baik di tingkat internal kampus maupun di tingkat regional. Kompetisi tersebut tentu akan sangat bermakna bagi proses pengembangan bakat minat para mahasiswa. 

“UKDW sangat berkomitmen untuk mendukung pengembangan bakat minat para mahasiswa. Pembiayaan dan dukungan fasilitas untuk mengikuti secara aktif berbagai event kompetisi telah dilakukan. Hal yang penting juga adalah dokumentasi dan publikasi kegiatan, karena ini sangat mendukung dalam proses pelaporan di laman SIMKATMAWA," ujarnya.

"Semakin beragam baik jenis dan tingkat kegiatan (event dan kompetisi) yang diikuti oleh para mahasiswa berdasarkan bakat dan minat masing-masing akan semakin meningkatkan reputasi UKDW,” pungkas Mujiono menambahkan. (*)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment