News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa FTI UII Yogyakarta Teliti Sistem Monitoring Smart Office Berbasis IoT Pantau Konsumsi Listrik Perkantoran

Mahasiswa FTI UII Yogyakarta Teliti Sistem Monitoring Smart Office Berbasis IoT Pantau Konsumsi Listrik Perkantoran

WARTAJOGJA.ID: Zikri Wahyuzi, mahasiswa Program Studi Informatika, Program Magister Fakultas Teknologi Industri (FTI)  Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan penelitian tentang sistem monitoring smart office berbasis IoT pada perkantoran konvensional.

"Pada penelitian ini saya membangun sistem monitoring smart office berbasis IoT pada perkantoran konvensional. Hal ini bertujuan untuk dapat melakukan ekstraksi data konsumsi listrik, serta data kondisi internal dan eksternal bangunan kantor," terang Zikri, Senin (2/9).

Ia menjelaskan latar belakang penelitian itu tak lain karena transformasi digital yang kini mendorong perusahaan di seluruh dunia untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk mengurangi konsumsi listrik di gedung perkantoran.
 
Oleh karena itu, kebutuhan monitoring dan prediksi konsumsi listrik di dalam perusahaan menjadi hal yang sangat penting karena dapat membantu proses efisiensi dalam meningkatkan penghematan biaya operasional. 
 
Dalam konteks ini, perusahaan yang dilengkapi dengan sistem smart office memiliki keunggulan dalam meramalkan konsumsi listrik karena menghasilkan data hasil ekstraksi yang dapat diolah lebih lanjut.

Data historis hasil ekstraksi sensor-sensor IoT yang tertanam pada sistem monitoring smart office diolah lebih lanjut melalui proses pre-processing, exploratory dan feature engineering. Termasuk juga di dalamnya dilakukan analisis tren konsumsi listrik harian perkantoran.
 
Kemudian, model prediksi dibangun dengan membandingkan implementasi arsitektur deep learning GRU dan Bi-GRU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BiGRU menghasilkan performa prediksi yang lebih baik dibandingkan dengan GRU, meskipun memiliki kompleksitas yang lebih tinggi. 
 
Kesimpulannya, penelitian ini berhasil mengintegrasikan teknologi Internet of Things (IoT) dalam sebuah sistem monitoring smart office untuk memantau dan menganalisis konsumsi listrik di lingkungan perkantoran. 
 
Melalui eksperimen dan analisis yang mendalam, sistem ini menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan dataset historis yang kaya informasi. Dataset itu kemudian digunakan sebagai dasar pembangunan model prediksi konsumsi listrik. 

"Secara keseluruhan, sistem monitoring berbasis IoT dan penggunaan model prediksi  BiGRU memberikan manfaat signifikan dalam hal efisiensi energi dan penghematan biaya  operasional bagi perusahaan," kata mahasiswa konsentrasi Sain Data itu.
 
Penerapan sistem ini, lanjut dia, memungkinkan perusahaan untuk  mengambil langkah-langkah yang lebih tepat dalam mengelola konsumsi listrik, baik melalui  optimalisasi penggunaan energi maupun melalui identifikasi dan penanganan area-area yang  membutuhkan efisiensi tambahan.
 
Ketua Program Studi Informatika, Program Magister FTI UII, Irving Vitra Paputungan, Ph.D menyampaikan apresiasi kepada Zikri Wahyuzi atas keberhasilannya lulus cumlaude dari Magister Informatika FTI UII dengan konsentrasi di bidang Sains Data.
 
"Prestasi akademis Zikri dengan masa studi 1 tahun 9 bulan, dan capaian IPK 3.96 bukan hanya mencerminkan dedikasi dan kerja kerasnya, tapi juga menunjukkan kecemerlangan intelektual yang mengesankan," kata Irving.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment