News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan UMKM Melalui Pengembangan Model Edu-Preneur di Umbulmartani

Dosen UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan UMKM Melalui Pengembangan Model Edu-Preneur di Umbulmartani


WARTAJOGJA.ID - Dalam upaya mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tim dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) menginisiasi program pengabdian masyarakat bertajuk “Pengelolaan dan Pengembangan Model Edu-Preneur di Wilayah Umbulmartani.” 

Ketua dari program ini Ir. Indah Widowati, MP, mengatakan, tujuan dari program ini untuk meningkatkan kemandirian UMKM dan mengintegrasikan unsur pendidikan dan budaya berbasis kearifan lokal dalam pengembangan produk. Program ini juga berupaya mengoptimalkan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital (micro site).

Lokasi pengembangan program ini berlokasi di Umbulmartani, kawasan yang terkenal dengan sektor UMKM yang dinamis. Di bawah kepemimpinan Ir. Indah Widowati,MP dan beranggotan 3 anggota yaitu Dr. Wulandari Dwi Etika Rini, S.P., M.P, Heni Handri Utami, S.P., MM., dan Drs. Karyono, MM.

Program ini turut melibatkan mahasiswa Mukhlasul Af’al dari (jenjang S1) dan Vinka Anandani Qurayma serta  Susi Puryani dari (jenjang S2).

“Kami percaya dengan memanfaatkan potensi UMKM dan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, kami dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan,” kata Ir. Indah Widowati, MP.

Ketua tim meyampaikan bahwa sepanjang pelaksanaan program, tim melakukan berbagai sesi pelatihan, workshop, dan pendampingan bagi UMKM di Umbulmartani. Para peserta mendapatkan bimbingan mengenai pengembangan produk, strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan pemanfaatan platform digital. Tim juga berkolaborasi dengan masyarakat lokal dan instansi pemerintah untuk menciptakan ekosistem yang mendukung UMKM.

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen UPNYK terhadap pengembangan masyarakat dan peningkatan kewirausahaan. Dengan mendorong pertumbuhan UMKM, UPNYK berharap dapat menciptakan dampak positif terhadap penghidupan individu dan lanskap sosial ekonomi  Umbulmartani secara keseluruhan,” terang Indah selaku ketua tim.

Ketua tim berharap model Edu-Preneur yang dikembangkan oleh dosen UPNYK dapat memberikan pendekatan berkelanjutan dan holistik dalam pengembangan UMKM. Melalui kombinasi elemen pendidikan, budaya, dan digital, program ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Ngemplak Sleman agar dapat berkembang dalam lanskap perekonomian yang terus berkembang. Seiring berjalannya program, tim akan memantau kemajuan dan dampak intervensi mereka. Upaya mereka diharapkan dapat membuka jalan bagi pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang bagi UMKM lokal, sehingga berkontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi Umbulmartani.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment