News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dee Lestari Ungkap Alasan Jago Mengarang: Waktu Kuliah Banyak Ujian Esai

Dee Lestari Ungkap Alasan Jago Mengarang: Waktu Kuliah Banyak Ujian Esai

WARTAJOGJA.ID: Dee Lestari dikenal sebagai seorang novelis kenamaan Indonesia yang juga bernyanyi dan menulis lagu di sela kesibukan. Namun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa Dee Lestari tidak mempelajari dunia kepenulisan secara formal. Jurusan yang diambilnya saat kuliah bukanlah sastra, melainkan Hubungan Internasional di Universitas Parahyangan. 

Meski demikian, Dee mengaku pengalamannya berkuliah di HI justru membuatnya jadi jago mengarang.

“Saya enggak tahu kalau di jurusan lain. Tapi dulu di HI, ujian kami 80 persen esai. Saya jadi merasa harus membangun skill. Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, zaman saya dulu, kami mungkin satu-satunya jurusan yang ujiannya hampir 80 persen esai. Jadi, yang saya rasa membantu saat itu adalah, saya harus membangun skill bercerita saya,” tutur Dee Lestari saat mengisi acara #GenerasiCampus Roadshow di Universitas Gadjah Mada, Selasa (10/9/2024). 

“Jangan ditiru ya, kalau aku enggak sempat belajar, aku bisa mengarang dengan baik. Minimal, dosen kalian akan memberikan upah menulis, karena ini anak sudah berbusa-busa mencoba menjelaskan. Relate, kan?” sambung Dee yang disambut gelak tawa penonton. 

Dee kemudian menekankan soal pentingnya menyelesaikan kuliah meski rasanya tak sejalan dengan minat atau pilihan karier yang ingin diambil. 

Memang, sempat muncul kegamangan dalam diri Dee soal kegunaan titel Sarjana Hubungan Internasional yang akan diperolehnya setelah lulus, mengingat dia tak berniat untuk berkarier di bidang tersebut. 

Belakangan, Dee melihat fase kehidupan itu sebagai sebuah tantangan untuk menunjukkan tanggung jawab atas pilihan yang dibuatnya sendiri, sebagai bentuk komitmen. Menurutnya, menjaga komitmen adalah salah satu bentuk nilai diri.

“Di semester dua sudah mulai berpikir, gelar saya nanti buat apa ya? Toh, ujungnya saya tidak akan memakai titel saya untuk profesi saya. Tapi ternyata, terutama saat skripsi, saya diuji. Bisa enggak merampungkan ini dengan bertanggung jawab?” kenang Dee. 

“Dari kita menyelesaikan kuliah, tidak lain tidak bukan, itu menunjukkan komitmen kita kepada satu hal, bahwa saya berhasil merampungkan sesuatu.” pungkasnya. 

#GenerasiCampus Roadshow adalah acara kolaborasi Narasi dan Grab. Mengusung judul POV/XYZ: Generasi Bicara Generasi, acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda dan generasi sebelumnya bertukar insight dan saling menggali potensi diri, serta saling memahami dan mendukung. Selain digelar untuk mahasiswa Jogja, acara ini akan segera digelar di Malang, Bandung dan Jakarta, hingga Oktober mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment