News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SiBakul di Jatiayu Karangmojo Gunungkidul, UMKM Didorong Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Sarasehan SiBakul di Jatiayu Karangmojo Gunungkidul, UMKM Didorong Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

WARTAJOGJA.ID : Pada Rabu 17 Juli 2024 di Aula Kalurahan Jatiayu Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta diadakan Saresehan Sibakul dengan tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa.

Acara ini digelar oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Koperasi dan UMKM DIY bersama Pemerintah Kalurahan Jatiayu dan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kalurahan Jatiayu Karangmojo Gunungkidul.

Hadir dalam acara itu sebagai narasumber Purwanto S.T selaku Anggota DPRD DIY, Agus Mulyono,SP.,MT Sekretaris Dinas Koperasi UKM DIY, Lurah Jatiayu Wasito S.E, dan Bambang Adi Waluyo,S.Pd.T;S.E;MM Praktisi/Coach/UMKM Inspiratif.

Lurah Jatiayu Wasito S.E berharap, dengan adanya SiBakul, UMKM Jatiayu dapat terangkat dan lebih berkembang sehingga UMKM Kalurahan Jatiayu dapat naik kelas, dan juga berharap bantuan dari Dinas UMKM DIY dapat terus membantu UMKM Kalurahan Jatiayu secara berkelanjutan.

Adapun Kapanewon Karangmojo sendiri mayoritas warganya memiliki usaha berupa toko kelontong atau toko sembako. Selain itu, ada juga yang memiliki usaha membuat kerajinan dari bambu dan miniatur mobil. Ada juga warga yang memiliki usaha produksi telur asin, budidaya ikan lele dan beberapa warga menjual obat herbal yaitu jamu jawa. Adapun ada pula warga yang memiliki usaha pembuatan blangkon yang nantinya akan didistribusikan ke toko-toko yang ada di Kota Yogyakarta. Selain itu, beberapa warganya memiliki usaha sebagai penjahit dan berjualan olahan makanan. 

Beberapa warga juga memiliki usaha membuat kerajinan tangan seperti ukir batu, kerajinan bambu dan kerajinan rotan. Sementara  beberapa warga memiliki usaha ternak ayam broiler dan menjual makanan olahan.

Agus Mulyono,SP.,MT Sekretaris Dinas Koperasi UKM DIY, mengatakan SiBakul merupakan kependekan dari system informasi pembinaan koperasi dan pelaku usaha Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan upaya transformasi digital model pembinaan sirkular Diskop UKM IIY bagi pelaku koperasi dan UMKM di DIY. 

"Dengan pemanfaatan Sibakul jogja mampu mendorong peningkatan efektifitas dan kualitas  pelaksanaan pembinaan untuk dapat lebih dimaksimalkan ke dampak kegiatan yang semakin luas merata tepat dan terasa," urainya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment