News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mantapkan Jejaring Koalisi Pilkada Kota Yogyakarta, Giliran PAN Sambangi Gerindra

Mantapkan Jejaring Koalisi Pilkada Kota Yogyakarta, Giliran PAN Sambangi Gerindra

WARTAJOGJA.ID: DPD PAN Kota Yogyakarta terus memantapkan langkahnya menghadapi agenda Pilkada Kota Yogyakarta.

Pada Kamis (1/8/2024) petang, jajaran
DPD PAN Kota Yogyakarta giliran melanjutkan silaturahim ke DPC Partai Gerindra Kota Yogya di Jalan Nitikan.
Sebelumnya PAN Kota Yogyakarta sudah menyambangi PDI Perjuangan, Partai NasDem dan PKS untuk menguatkan peluang koalisi itu.

"Silaturahmi pengurus harian DPD PAN Kota Yogya ke Gerindra ini sebagai langkah lanjutan proses dialog untuk menghadapi Pilkada, mengingat semuanya serba dinamis, kami perkuat silaturahmi," kata Ketua DPD PAN Kota Yogya Heroe Poerwadi, di sela silaturahim.

Heroe mengatakan semua partai peraih kursi di DPRD Kota Yogya akan dijajaki PAN sebagai bagian membangun komunikasi publik. 

"Masyarakat juga bisa ikut mengawal proses tersebut lantaran silaturahim dilakukan secara terbuka," kata Mantan Wakil Walikota Yogyakarta itu.

Heroe mengatakan relasi PAN dengan Gerindra sendiri sudah memiliki hubungan cukup kuat dalam poros perpolitikan baik kancah daerah maupun nasional. Apalagi dalam Pilpres 2024 kedua partai tersebut berada dalam satu gerbong pengusung Prabowo-Gibran.

Oleh karena itu, kebersamaan dan kerja sama di tingkat Pilpres lalu bisa jadi diperluas hingga daerah dengan mengusung pasangan calon yang sama dalam Pilkada Kota Yogya 2024.

"Ada waktu tiga minggu (sebelum pendaftaran calon ke KPU) untuk menuntaskan. Dinamika pertemuan tertutup atau secara personal kan sudah dilakukan. Makanya sebelum ada SK dari DPP untuk pasangan calon, maka dialog masih sangat memungkinkan," imbuh Heroe.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Yogya Sinarbijat Nujanat mengatakan, dinamika Pilkada yang sudah mengemuka saat ini sebetulnya masih dinamis. 

Dinamika akan terjadi sampai terbitnya SK atau rekomendasi dari DPP partai masing-masing terkait pasangan calon yang hendak diusung. 

"Rekomendasi kan belum ada. Maka segala sesuatu masih sangat mungkin. Di politik itu bahkan last minute atau menit terakhir, mungkin bisa terjadi (perubahan)," katanya.

Sinarbijat bersyukur dengan silaturahmi PAN ini.

"Bagaimanapun PAN dan Gerindra memiliki historis panjang. Kita adalah kawan setia. Sudah tiga kali Pilpres selalu bersama-sama. Mudah-mudahan cerminan Pilpres bisa dilanjutkan di daerah," urainya.

Selain itu, dirinya justru menyambut baik jalinan komunikasi terbuka yang dilakukan PAN. Hal itu menjadikan angin sejuk yang ditunjukkan ke masyarakat bahwa ajang Pilkada sebenarnya bukan kompetisi yang harus berhadap-hadapan melainkan penuh dengan kekeluargaan. Dirinya pun berharap baik PAN dan Gerindra bisa mengusung pasangan calon yang sama dalam Pilkada kali ini. Pihaknya masih memberikan ruang bagi partai mana pun, begitu pula PAN dinilainya juga sama-sama membuka ruang.

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment