News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertamina Retail Hadirkan Creative Hub, Dukung Inklusivitas dan Pengembangan UMKM Sahabat Disabilitas

Pertamina Retail Hadirkan Creative Hub, Dukung Inklusivitas dan Pengembangan UMKM Sahabat Disabilitas

WARTAJOGJA.ID: Sebagai bagian dari Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Retail berkomitmen terhadap implementasi ESG dan strategi pemenuhan SDGs, khususnya dalam hal pemberdayaan ekonomi dan inklusi sosial bagi komunitas disabilitas melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), meresmikan Creative Hub di SPBU COCO 41.551.01 Lempuyangan, Jumat (12/07). 

Kegiatan ini dihadiri oleh PTH Direktur Utama PT Pertamina Retail, Mohammad Fitrawan Nur, Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, serta perangkat daerah setempat. Tidak ketinggalan, terdapat komunitas masyarakat disabilitas Yogyakarta yang turut hadir, di antaranya Jogja Kursi Roda, Srikandi Patra, dan Difablezone.

Creative Hub merupakan sebuah ruang workshop pertama yang dibangun di area SPBU COCO yang memfasilitasi para penyandang disabilitas dengan beragam kegiatan upskilling seperti pelatihan manajemen persewaan dan reparasi kursi roda, hingga menjadi lokasi pemasaran produk kreatif buatan sahabat disabilitas yang tergabung dalam program Pertamina Sahabat Disabilitas.

Program ini juga mendukung beberapa tujuan SDGs, termasuk mengurangi kesenjangan SDGs poin 10, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi SDGs poin 8, serta industri, inovasi, dan infrastruktur SDGs poin 9. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat luas.

PTH Direktur Utama PT Pertamina Retail, Mohammad Fitrawan Nur, menyebut peresmian Creative Hub di SPBU COCO Lempuyangan merupakan sinergi PT Pertamina Retail, Pemerintah Kota Yogyakarta, hingga komunitas masyarakat. 

“Melalui kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat, kami berupaya untuk memberikan wujud nyata komitmen kami terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta upaya kami dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). " terang Fitrawan.

Pertamina Retail tidak hanya fokus pada aspek bisnis semata tetapi juga berkomitmen untuk memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat, terbukti dengan menunjukkan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial dan pembangunan berkelanjutan.

“Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan dukungan yang nyata dan berkelanjutan. Ini bukan hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat.” tambah fitrawan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bagi PT Pertamina Retail yang telah memprakarsai berdirinya Creative Hub. 

“Program Creative Hub merupakan langkah yang sangat luar biasa dan menginspirasi dalam upaya merangkul komunitas disabilitas. Kami sebagai induk perusahaan mendukung penuh pengembangan Creative Hub lebih jauh sehingga teman-teman disabilitas dapat menunjukkan seluruh potensi dirinya,” jelas Brasto.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, menyampaikan apresiasi atas inisiatif yang telah diambil oleh PT Pertamina Retail dalam mendukung terciptanya inklusivitas sosial guna menjamin terpenuhinya hak-hak dasar penyandang disabilitas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina Patra Niaga dan Pertamina Retail, yang telah membentuk Creative Hub sebagai pupuk bagi kreativitas sahabat disabilitas. Hal ini tentu menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mengangkat harkat, martabat, serta eksistensi komunitas disabilitas di tengah masyarakat luas. Semoga kerja sama ini seterusnya dapat dikembangkan lebih jauh lagi,” ujar Maryustion 

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment