News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pameran Fotografi My Homeland: Kolaborasi FSMR ISI Yogyakarta, Photographic Society of America, dan Art Photography Indonesia

Pameran Fotografi My Homeland: Kolaborasi FSMR ISI Yogyakarta, Photographic Society of America, dan Art Photography Indonesia

WARTAJOGJA.ID : Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta selalu berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menampilkan kompetensi dan keilmuan yang dapat diikuti oleh civitas akademika dan juga kalangan masyarakat umum, beberapa kegiatan tersebut bentuknya adalah pameran dan seminar. 

Beberapa pameran dan seminar tingkat nasional maupun internasional telah banyak diselenggarakan dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini. 

Setelah Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (FSMR, ISI Yogyakarta) dan Photographic Society of America (PSA) dan Art Photography Indonesia (API) sukses menyelenggarakan Pameran International “Borderless” pada Agustus 2021, maka FSMR ISI Yogyakarta mengajak kembali PSA dan API untuk bekerjasama mengadakan Pameran Fotografi International PSA bertema “My Homeland, sebagai rangkaian acara 2nd PSA Photo Gathering (PSA-PG) 2024 di Indonesia. 

PSA setiap tahunnya telah menyelenggarakan Konferensi fotografi dunia PSA di Amerika di lokasi yang berbeda setiap tahunnya merasa perlunya untuk mengadakan suatu acara fotografi internasional yang bertempat di luar Amerika. Tahun 2023 lalu, pertama kalinya PSA melaksanakan PSA 1st Photo Gathering (PSA-PG) di Jaisalmer, India, bulan Februari 2023. 

Kegiatan ini diikuti oleh 113 peserta dari 13 negara. Tahun 2024 akhirnya diputuskan untuk melaksanakan PSA 2nd Photo Gathering (PSA-PG) di ISI Yogyakarta, Indonesia. PSA 2nd (PSA-PG) kali ini memilih tema “My Homeland”, karena dengan fotografi masing-masing fotografer dapat memperkenalkan tanah air mereka sekaligus dapat memberikan informasis pendidikan dan komunikasi visual dari berbagai budaya dan kesenian di negaranya. 

Menurut Agatha Anne Bunantha (International Relationships Vice President PSA Direktur Yayasan Art Photography of Indonesia) ISI Yogyakarta adalah suatu Institusi seni terbesar di Indonesia yang telah berpengalaman mengadakan berbagai pameran baik berskala nasional maupun international khususnya pameran fotografi di Indonesia.  Berharap dengan adanya pameran ini akan membuka wawasan dan memotivasi generasi muda / mahasiswa untuk lebih kreatif dalam berkarya. 

Pameran ini juga memperkenal fotografer dari Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta ke komunitas international. PSA berharap kolaborasi ini akan membuka jejaring dan kerjasama dan kesempatan yang lebih luas di dunia international baik untuk civitas academika ISI Yogyakarta. 

Hal Senada juga diungkapkan Dr. Irwandi, M.Sn. selaku Rektor ISI Yogyakarta Kehadiran 210 karya dari PSA, 20 karya dosen Prodi Fotografi, dan 27 karya mahasiswa Prodi Fotografi tentu merupakan sebuah capaian yang luar biasa bagi kami, kampus seni yans berkomitmen meningkatkan rekognisi sebagai kampus kelas dunia. dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan, bahwa saat ini ISI Yogyakarta berada dalam jajaran Peringkat 100 QS World University Ranking untuk subjek Art and Design dan subjek Performing Art. Perhelatan ini tentu akan memberi dampak signifikan untuk pemeringkatan tersebut. 

Penampilan karya audiovisual dari Prodi Film dan Televisi, Prodi Animasi dan Prodi Produksi Film dan Televisi dalam perhelatan ini juga menjadi pengayaan muatan karya yang ditampilkan. 

Dengan harapan mampu memperluas wawasan dan imajinasi kita semua melalui kekayaan karya seni dari berbagai belahan dunia.

Momen ini disambut gembira oleh Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta karena dapat menjadi lompatan untuk hadir di kancah fotografi internasional selain itu dengan adanya momen ini lembaga berharap agar dapat dilakukan setiap tahun untuk diikuti dosen, mahasiswa dan kolega. Pameran yang diikut oleh berbagai fotografer dari penjuru dunia tersebut secara langsung dosen, mahasiswa, dan kolega dapat belajar karya-karya apa saja yang sedang menjadi kecenderungan atau trend yang sedang berkembang di dunia.
Dalam pameran “My Homeland” ini proses kurasi atau seleksi karya dilakukan oleh Agatha Anne Bunanta (International Relationships Vice President PSA Worldwide dan Direktur Art Photography of Indonesia) dan selaku perwakilan dari FSMR yaitu Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn. (Pembantu Dekan I FSMR, sekaligus Ketua Pelaksana penyelenggaraan pameran).

Kerjasama kali ini ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu:

1.  Simposium Fotografi Internasional dengan tema “Photography: Art and Society”. Simposium Fotografi Internasional akan dlaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2024, mulai pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB, di Concert Hall, ISI Yogyakarta. Simposium ini menghadirkan pembicara atau narasumber yaitu dari dalam dan luar negeri. Sebagai Pembicara Utama atau Keynotes Speaker adalah Rektor ISI Yogyakarta yaitu Dr. Irwandi S.Sn, M.Sn. Kemudian pembicara lainnya yang akan presentasi secara panel adalah:
Mr. J.R Schnelzer, President Photographic Society of America Worldwide;
Mr. John Andrew Hughes, Executive Vice President Photographic Society of America Worldwide;
Mrs. Ana Ratkovic Sobota, Croatian Freelance Artists’ Association (HZSU);
Mr. Dr. Edial Rusli S.E, M.Sn., FSMR, ISI Yogyakarta;
Mr. Dr. Sn. M. Fajar Apriyanto, M.Sn., FSMR, ISI Yogyakarta.


Pameran Fotografi Internasional yang akan dibuka pada hari Selasa, 23 Juli 2024, acara pembukaan akan dimulai pada pukul 08.30 WIB, di Galeri R.J Katamsi, ISI Yogyakarta. Pembukaan akan dilakukan oleh Dr. Irwandi, M.Sn., Rektor ISI Yogyakarta bersama dengan J.R Schnelzer, President Photographic Society of America Worldwide. Pameran ini menampilkan 262 karya fotografi (hasil karya dari 203 fotografer anggota PSA serta 46 fotografer dari dosen dan mahasiswa Prodi S1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta) yang akan dipajang mulai lantai 1 hingga lantai 3 Galeri R.J. Katamsi. Selain itu dalam kesempatan ini juga akan menayangkan 17 karya film (dari Prodi S1 Film & Televisi, Prodi D4 Animasi, dan Prodi D4 Produksi Film & Televisi), penayangan karya film akan berada di lantai 2 Galeri R.J. Katamsi. Pameran akan dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 12 Agustus 2024.

Kegiatan ini membuka peluang kepada para fotografer dan juga akademisi di Indonesia untuk berinteraksi dengan para fotografer dan akademisi dunia dari berbagai negara yang diharapkan akan berlanjut dengan kerjasama antar institusi atau bahkan negara. Memenuhi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu program studi yang bekerjasama dengan mitra kelas dunia dan keterlibatan dosen serta mahasiswa memamerkan karya melalui sebuah pameran berskala internasional. 
Acara Simposium Fotografi bertujuan:
Wadah untuk saling berkumpul dan bertukar pikiran dari berbagai fotografer dunia;

Menjalin persahabatan, mempererat persaudaraan di fotografi tanpa mengenal batas dan memperluas jejaring fotografer dunia;
Wadah saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dari berbagai akademisi dan fotografer dunia serta memperluas wawasan;
Saling mengenal berbagai kebudayaan antar fotografer;

Mengenal budaya lokal setempat dimana kegiatan dilaksanakan serta membantu mempromosikan/memperkenalkan budaya setempat ke dunia.

Kerjasama Pameran Fotografi Internasional ini bertujuan: 
Memublikasikan karya mahasiswa dan dosen Prodi Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta dalam tataran Internasional;

Mempererat persaudaraan di fotografi tanpa mengenal batas;
Lebih memperkenalkan Indonesia dan fotografer Indonesia di dunia fotografi International;
Memperluas jejaring internasional, khususnya Prodi Fotografi, FSMR, ISI-Yogyakarta;
Memperluas wawasan dan imaginasi dari berbagai hasil karya dari berbagai negara.

Simposium Fotografi akan dlaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2024, mulai pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB, di Concert Hall, ISI Yogyakarta.
Pameran Fotografi Internasional akan dibuka pada hari Selasa, 23 Juli 2024, acara pembukaan mulai pukul 08.30 WIB, di Galeri R.J Katamsi, ISI Yogyakarta. Pameran akan dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 12 Agustus 2024.

Simposisum akan melibatkan peserta dari civitas akademika FSMR, ISI Yogyakarta dan juga mengundang akademisi serta perserta dari luar kampus ISI Yogyakarta dengan target 100 peserta simposium.
Pameran Fotografi Internasional akan menampilkan sebanyak:
222 karya foto dari 203 anggota PSA yang berasal dari 23 negara, 
20 karya foto dari dosen Prodi Fotografi, dan 26 karya foto mahasiswa Prodi Fotografi, 

Sebagai bentuk upaya memperkenalkan FSMR, ISI Yogyakarta secara lengkap kepada peserta luar negeri maka juga akan menampilkan 17 karya film dari dosen dan mahasiswa Prodi S1 Film dan Televisi, Prodi D4 Animasi dan Prodi D4 Produksi Film dan Televisi yang akan ditata dan ditayangkan di lantai 2 Galeri R.J Katamsi.

Peserta yang akan hadir secara langsung dalam pembukaan pameran adalah 200 peserta PSA-PG 2024 dari 15 negara, jajaran pimpinan ISI Yogyakarta, jajaran pimpinan Fakultas di ISI Yogyakarta, civitas akademika FSMR ISI Yogyakarta, tamu undangan dan media.



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment