News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Jogja, 330 Peserta Prolanis Ikut Meriahkan HUT BPJS Kesehatan

Di Jogja, 330 Peserta Prolanis Ikut Meriahkan HUT BPJS Kesehatan

WARTAJOGJA.ID: Kegiatan  Program  Pengelolaan  Penyakit  Kronis  (Prolanis) diselenggarakan di Alun-Alun Wates, Kulon Progo, Sabtu (13/07). 

Kegiatan ini merupakan salah satu  agenda dalam  memperingati satu dekade  penyelenggaran  Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman,  Irfan Qadarusman  menyambut  hangat  hadirnya  16  Fasilitas  Kesehatan Tingkat Pertama  (FKTP),  20  klub  Prolanis  dan  330  peserta  Prolanis. 

Senam  Prolanis  juga dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Sleman sebanyak 41 FKTP, 20 klub Prolanis dan 1200 peserta di masing-masing FKTP.

“Program JKN ini adalah milik bersama, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi yang terjalin dari seluruh mitra dan peserta Program Prolanis. Mari mengawal Indonesia menjadi bangsa yang lebih sehat,” ujar Irfan.

Program Prolanis merupakan salah satu bentuk upaya BPJS Kesehatan dalam mendorong perilaku hidup sehat dan promotif preventif bagi peserta JKN, khususnya peserta Prolanis Kantor  Cabang  Sleman.  

Kolaborasi juga  terjalin  dengan  mitra  BPJS  Kesehatan  dalam menyelenggarakan  kegiatan  tersebut,  termasuk  di  dalamnya  terdapat   16  FKTP  dan pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Irfan menyampaikan bahwa rangkaian acara Prolanis Day tidak hanya senam bersama saja, tetapi juga ada sosialisasi Program JKN dan juga membuka layanan administrasi bersama BPJS Keliling. Jadi peserta dapat langsung bertemu petugas untuk memproses perubahan data maupun konsultasi terkait Program JKN.

Dalam peningkatan mutu layanan, BPJS kesehatan terus berupaya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai program-program JKN termasuk Aplikasi Mobile JKN, digitalisasi pelayanan JKN dan antrean online. 

Edukasi kepada peserta salah satunya penggunaan kartu digital melalui Aplikasi Mobile JKN dan e-KTP terus digencarkan selaras dengan  upaya  dalam  digitalisasi  layanan. 

Melalui  akses  digital  dan  proses  administrasi layanan saat  ini telah banyak diakses oleh  peserta JKN dan diharapkan dapat semakin dirasakan kemudahannya.

“Sekarang akses dan proses administrasi sudah makin mudah denganAplikasi Mobile JKN, termasuk untuk peserta Prolanis, semoga kemudahan ini akan membantu peserta Prolanis selama melakukan pemeriksaan layanan kesehatan,” tambah Irfan.

Program  Prolanis  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kualitas  hidup  dengan  memberikan pendekatan termasuk salah satunya edukasi, monitoring kesehatansecara rutin, pengelolaan pola makan, olahraga teratur dan penggunaan obat sesuai diagnosa dokter.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada mitra-mitra FKTP dan pemangku kepentingan dalam keikutsertaannya membangun kolaborasi dalam meningkatkan kualitas hidup untuk peserta Program Prolanis,” ucap Irfan.

Irfan juga  menambahkan  dalam  kegiatan  menyambut  satu  dekade  BPJS  Kesehatan  ini berharap Program JKN dapat dirasakan menyeluruh dan optimal dalam pelaksanaannya di seluruh FKTP di wilayah Kantor Cabang Sleman. 

Ia juga menyambut baik kolaborasi dan dukungan yang diberikan dari Laboratorium Cito, Laboratorium Parahita, Laboratorium Budi Sehat, Laboratorium Kesehatan Daerah Sleman, Apotek Kimia Farma Maguwoharjo, Apotek Kimia  Farma  316  Palagan, Apotek  Kimia  Farma  Bhayangkara  Kulon  Progo,  ambulans Puskesmas Wates dan juga layanan cek kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Sri Budi Utami menyampaikan kegiatan ini sangat bagus sekali. Baru pertama kali kegiatan senam Prolanis dilaksanakan bersama di Kabupaten Kulon Progo.

“Kami sambut dengan baikkegiatan Prolanis Day. Kegiatanyang dijadikan satu tempatseperti ini, akan memberikan motivasi dan semangat satu sama lain agar saling menguatkan untuk menjadi sehat bersama-sama. Peserta Prolanis memang perlu ketemu bersama, jadi tidak merasasendiri. Apalagi kegiatanseperti ini, menambah informasitentang Program JKN,” kata Budi.

Budi  mengucapkan  selamat  ulang  tahun  BPJS  Kesehatan  ke  56,  ia  berharap  semoga kedepan BPJS Kesehatanselalutetap jaya, bersama-samamembangun Indonesia sehat dan membangun Kabupaten Kulon Progo sehat, sehat terus dan maju terus.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment