News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FTI UII Umumkan Pemenang Lomba Esai Nasional 2024, Siapa Juaranya ?

FTI UII Umumkan Pemenang Lomba Esai Nasional 2024, Siapa Juaranya ?

WARTAJOGJA.ID : Program Studi Rekayasa Tekstil Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengumumkam daftar pemenang Lomba Esai Nasional 2024 yang diselenggarakan periode 20 Mei hingga 20 Juni 2024 lalu.

Terdapat tiga juara yang merupakan finalis dengan nilai tertinggi dari total nilai penulisan dan pemaparan esai, serta tanya jawab. 

Adapun hadiah Juara 1 uang pembinaan Rp 2 juta (piala + sertifikat) Juara 2 uang pembinaan Rp 1,5 juta (piala + sertifikat) dan Juara 3 uang pembinaan Rp 1 juta (piala+sertifikat) serta Juara favorit uang pembinaan Rp 500 ribu (piala+sertifikat).

Adapun  Juara 1 diraih oleh Muhammad Sofwan Amir dari SMA Islam  Diponegoro Surakarta. Judul esai yang diangkat adalah Biomoms AI : Pakaian Kesehatan Cerdas Terintegrasi Aplikasi Berbasis AI untuk Pemantauan dan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil. 

Sedangkan Juara 2 diraih siswa SMAN 1 Trenggalek atas nama Ibnu Sina, dan Juara 3 diraih Dinda Daris Fara dari SMAN 1 Wonosobo.
 
Perlombaan ini juga menghasilkan juara favorit yang disabet oleh Fazrul Ramadhanni, siswi SMAN 1 Dramaga Bogot. Juara favorit didapat dari engagement tertinggi yang dipilih oleh 
netizen melalui media sosial prodi.
 
Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, piala, dan sertifikat. 

"Final sudah diadakan pada hari Selasa tanggal 9 Juli lalu secara hibrid. Finalis berjumlah 10 orang dengan nilai tertinggi," jelas Ketua Panitia, Febrianti Nurul Hidayah, Jumat (12/7).
 
Ini adalah kali kedua Prodi FTI UII menggelar lomba esai. Event pertama diselenggarakan pada Desember 2023. Tema yang diangkat pada lomba kali ini adalah Tekstil untuk Dunia yang Lebih Baik: Inovasi, Aplikasi, dan Dampak Sosial.
 
Peserta bisa memilih tiga sub-tema pilihan yaitu Inovasi Berkelanjutan dalam Tekstil, Tekstil dalam Dunia Medis: Dari Pencegahan sampai Penyembuhan, dan Pakaian Pintar: Masa Depan Tekstil Interaktif. Selama satu bulan pendaftaran dari tanggal 20 Mei hingga 20 Juni terhimpun 190 karya, dan yang lolos administrasi sebanyak 165 orang.
 
Ketua Prodi Rekayasa Tekstil FTI UII, Agus Taufiq mengatakan, peminat kegiatan lomba ini terus meningkat. Dengan sasaran peserta dari kalangan pelajar, pihaknya ingin memberikan wawasan bahwa tekstil bisa diterapkan di banyak bidang. 

Tekstil tidak hanya berkutat pada pakaian saja tapi bisa merambah sampai ke bidang medis. bahkan sampai ke medis.
 
"Karya para pelajar ini banyak yang menarik. Mereka sudah familiar dengan teknologi seperti penerapan AI di bidang tekstil," ungkapnya.
 
Hal itu, lanjut Agus, sejalan dengan tujuan perlombaan yang salah satunya untuk menstimulasi pemikiran kritis dan kreatif. Melalui perlombaan ini diharapkan pula akan memperluas pandangan tentang peluang karir di industri tekstil dan rekayasa yang selama ini sering terabaikan. 
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment