News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menjajal Nikmatnya Bakso Sorgum, Sehat dan Lezat

Menjajal Nikmatnya Bakso Sorgum, Sehat dan Lezat


WARTAJOGJA.ID : Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan dan bahan baku industri. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Sorgum dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu karena bebas gluten dan memiliki angka indeks glikemik yang rendah sehingga turut mendukung tren gerakan konsumen bebas gluten diet seperti di negara-negara maju.

Belakangan, Sorgum kian diminati oleh masyarakat, termasuk dunia usaha. Misalnya Restoran Sekar Kedhaton di Kotagede Yogyakarta menghadirkan inovasi menu kuliner terbarunya berbahan sorgum yaitu bakso sorgum, bekerja sama dengan Sorgum Sejahtera Foundation (SSF).

Budayawan Yani Saptohoedojo berkesempatan mencoba bakso sorgum ini. Menurutnya, rasa bakso sorgum unik tapi enak. Dan jika dibanding bakso pada umumnya, bakso sorgum ini tentu lebih menyehatkan karena tidak menggunakan tepung terigu, namun berbahan sorgum yang bebas glutein.  

"Budaya mengonsumsi sorgum harus kita galakkan lagi karena ini warisan leluhur. Saatnya kita menjadi manusia-manusia yang sehat dengan mulai mengonsumsi sorgum, yang proses budidayanya juga dilakukan secara organik," kata Yani kepada wartawan di Restoran Sekar Kedhaton, Senin (24/6/2024). 

Di kesempatan yang sama, Datuk Datin dari Kedhaton Putra Raja Malaysia juga berkesempatan mencicipi bakso sorgum ini.

Haryo Metarum, Pepatih Dalem Praja Mangkualam sekaligus Wakil Ketua Umum Masyarakat Adat Nusantara (Matra) mengatakan, budidaya sorgum telah dimulai di Kabupaten Sleman, salah satunya di Padukuhan Kalisoro, Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak. 

Selain itu, budidaya sorgum juga dilakukan di demplot, kawasan Pantai Trisik Kulonprogo.

Menurut Metarum, pada 29 Juni mendatang akan dilakukan panen perdana sorgum di Kampung Sorgum Kalisoro yang dirangkai dengan peluncuran Tempe Sorgum Matra bekerja sama dengan Koperasi Tahu Tempe (Kopti). "Tempe adalah makanan asli Indonesia. Tempe sorgum lebih sehat, bahan mudah didapat karena sorgum kita tanam sendiri, sehingga mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan," ujarnya.

Ketua SSF Moh Rifai mengatakan, selain bakso sorgum, inovasi pangan berbahan sorgum yang telah ada seperti kue kering sorgum, minuman sorgum rempah, kopi sorgum dan bubur/jenang merah putih berbahan sorgum. "Kami akan terus menyosialisasikan sorgum ini dan difasilitasi beberapa kerajaan-kerajaan di nusantara," katanya.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment