News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kolaborasi Mahasiswa Magister Kebidanan dan TI UNISA Yogyakarta Kembangkan Sistem Informasi DOKUBISA

Kolaborasi Mahasiswa Magister Kebidanan dan TI UNISA Yogyakarta Kembangkan Sistem Informasi DOKUBISA

WARTAJOGJA.ID: Mahasiswa Magister Kebidanan Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta meluncurkan inisiatif pengembangan sistem informasi DOKUBISA (Dokumentasi Mahasiswa Unisa). Sistem ini dirancang khusus untuk mendukung pelaksanaan kegiatan profesi bidan, serta mempermudah mahasiswa dan dosen dalam konsultasi dokumentasi asuhan kebidanan.

Mahasiswa melakukan wawancara dengan dosen dan mahasiswa prodi profesi bidan UNISA berdasarkan hasil wawancara ditemukan beberapa kendala dalam implementasi DOKUBISA. Beberapa masalah yang muncul antara lain kurangnya pelatihan bagi mahasiswa dan dosen, serta belum adanya tenaga IT atau admin yang mengelola aplikasi ini dengan baik. Selain itu, fitur-fitur dalam sistem DOKUBISA masih terbatas dan belum ada uji coba langsung dengan mahasiswa profesi bidan.

Untuk mengatasi kendala-kendala ini, Mahasiswa Magister Kebidanan Unisa Yogyakarta menyusun ususlan rancangan pengembangan. Pertama, perekrutan tenaga IT atau administrasi yang terampil dan berpengalaman untuk memastikan fitur-fitur DOKUBISA berkembang dan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, program studi Teknik Informasi akan memberikan kontribusi melalui penyediaan tenaga ahli atau penyelenggaraan pelatihan bagi staf administrasi.

Kedua, menetapkan struktur organisasi yang jelas dan responsif. Struktur ini akan melibatkan berbagai pihak, mulai dari Rektor hingga Tim Pelatihan dan Sosialisasi, untuk memastikan pengelolaan sistem informasi DOKUBISA yang efisien.

Ketiga, pengembangan teknologi DOKUBISA akan dilakukan dengan menambahkan fitur-fitur yang relevan yaitu fitur untuk dosen memberikan revisi pada asuhan kebidanan yang sudah diinput oleh mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan proses konsultasi akan menjadi lebih efisien dan terintegrasi, memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi secara lebih efektif.

                        Tim penulis

Sistem informasi seperti DOKUBISA, diharapkan dapat membantu perguruan tinggi dalam pengelolaan data akademik yang berhubungan dengan mahasiswa. 

Dengan adanya sistem ini, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta berupaya untuk memperbaiki layanan akademik melalui digitalisasi dan optimalisasi tugas-tugas administratif. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan institusi untuk menghasilkan analisis dan laporan yang dapat menjadi masukan dalam pengambilan keputusan.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa bekerja sama dengan Mahasiswa TI UNISA di bawah bimbingan Basit Adhi Prabowo, S.T dan Andari Wuri Astuti, M.PH, Ph.D dari UNISA. 

Diharapkan dengan langkah-langkah ini Mahasiswa Magister Kebidanan UNISA dapat menciptakan sistem informasi yang lebih responsif dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa profesi bidan. Pengembangan ini juga diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran dan praktik profesi bidan secara lebih efektif dan efisien.

Tim Penulis : Sesaria Lukman,Helena Marques De Jesus,Maria De Fatima Moniz,Eurosia Maria Sales, Wahyuni Idvia Nova, Istiqomah Pattimura,Emiliana, Miftahur Rizqy, Ilham Krisna Mahardika Putra, Aditya Cahyadi, Muhammad Farhan, Mahyana, Andari Wuri Astuti, M.PH., PhD ,Basit Adhi Prabowo, S.T.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment