News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BI Mengajar di FBE UAJY

BI Mengajar di FBE UAJY


WARTAJOGJA.ID: Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa  Yogyakarta (KPwBI DIY) telah melaksanakan Program “Bank Indonesia Mengajar” (Senin, 10/06/24). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Auditorium Kampus 3 UAJY. Selaku narasumber atau pemateri adalah Maya Mulyawati (Analis Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif & Syariah Bank Indonesia DIY), Aidha Fitria P. (Analis Yunior Fungsi Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia DIY), dan Eko Susanto (Kepala Seksi Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia DIY). Bertindak sebagai moderator Mario Rosario Wisnu Aji (Dosen FBE UAJY). 

Hadir dalam acara “BI Mengajar” antara lain Hermanto (Deputi Kepala KPwBI DIY), W. Mahestu Noviandra Krisjanti (Dekan FBE UAJY) dan AM Rini Setastuti (Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY). Selain itu hadir Dosen FBE UAJY angara lain A. Gunadi Brata (Guru Besar FBE UAJY) dan Y. Sri Susilo (Dosen FBE UAJY). Acara ini diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa FBE UAJY dari Prodi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Manajemen.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada KPwBI DIY yang telah menyelenggarakan BI Mengajar di Kampus FBE UAJY”, jelas Mahestu (Dekan FBE UAJY) dalam sambutan pembuka. Selanjutnya dari acara BI Mengajar tersebut peserta dapat memperoleh informasi kebijakan BI terkini. Beberapa informasi kebijakan BI terkini sangat mungkin belum disampaikan di kelas. “Materi BI Mengajar diharapkan dapat menjadi komplemen atau suplemen materi kuliah seperti Perekonomian Inbdonesia, Kebanksentralan dan sebagainya”, harap Mahestu.

“Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral mempunyai tujuan untuk mencapai stabilitas nilai rupiah, memelihara stabilitas Sistem Pembayaran, dan turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan”, jelas Hermanto (Deputi Kepala KPwBI DIY) dalam keynote speech-nya. Menurut Hermanto, untuk mencapai tujuan tersebut BI bertugas mengelola tiga bidang sekaligus yaitu Moneter, Sistem Pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan. “Tujuan utama BI adalah untuk menjaga stabilitas nilai rupiah dan harga di pasar”, jelas Hermanto. Selain itu, BI juga bertanggung jawab untuk memperkuat sistem keuangan dan ekonomi nasional, serta menjaga tingkat inflasi di negara Indonesia agar tetap dalam kisaran yang ditentukan oleh pemerintah.

Ketiga narasumber yaitu Maya Mulyawati, Aidha Fitria P., dan Eko Susanto masing-masing menyampaikan materi yang berjudul: (1) Peran Bank Indonesia dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah. (2) Digitalisasi Sistem Pembayaran Indonesia. (3) Cinta Bangga Paham Rupiah. Ketiga materi tersebut disampaikan dengan menarik dan interaktif. Juga dilakukan pre-test dan post-test bagi seluruh peserta dan tanya jawab.

Acara “BI Mengajar” diakhiri dengan pemberian cindera mata dari KPwBI DIY kepada 8 peserta dengan nilai pre-test dan post-test tertinggi. Di samping itu juga diberikan cindera mata bagi peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi diskusi. Kerjasama FBE UAJY dengan KPwBI DIY akan dilanjutkan dengan “BI Masuk kelas”. “Khusus BI Mengajar dijadwalkan sekali setiap semester”, jelas Y. Sri Susilo (Plt. Humas FBE UAJY) dalam rilisnya kepada media.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment