Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed
WARTAJOGJA.ID – Indosat Ooredoo
Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services
Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari
Raya Idulfitri 1445 H. Komitmen ini ditujukan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan
komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat mulai dari perjalanan mudik
hingga sampai di tujuan. Demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari
kemenangan, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh
infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien
dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.
Vikram Sinha, President Director and Chief
Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Mewakili seluruh keluarga besar
Indosat Ooredoo Hutchison, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Untuk menunjang
kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan
mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, kami telah
mengoptimalkan jaringan di sejumlah
jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas. Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan
Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Kami juga menjamin
pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh
pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam
menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami
beroperasi.”
Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri
diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa
tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17%
dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024. Berdasarkan
tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa
Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan
Lampung.
Di wilayah Circle Java yang meliputi provinsi
Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan terjadi
peningkatan trafik data sampai dengan 18% dengan lonjakan tertinggi berada di area
Tegal, Purwokerto, Bandung, Tasikmalaya, Cianjur, Lamongan, Madura, dan Tuban. Lonjakan
trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat,
mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok,
WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti
Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut,
Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar dibandingkan
dengan rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada
puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites
baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh
jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km
akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di
sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan,
dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Lebih
lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur
prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest
area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
Khusus untuk wilayah Jawa Tengah, Indosat
melakukan optimalisasi jaringan diantaranya di jalur tol Solo - Yogyakarta serta
jalur non tol Semarang - Kudus – Rembang, Semarang – Magelang – Yogya, dan Solo
- Yogyakarta.
Kesigapan lebih dari 2.000 petugas teknis
Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation
Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi
dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga
memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7
hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC)
yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning
(AI/ML) dan otomatisasi.
Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas
layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi
pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat
juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap
terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari
website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.
Berdayakan Perekonomian Lokal
Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri,
Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia
melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah
Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan
(Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi. Menggandeng
berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak usaha, hingga
pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program ‘Gerobak Berkah’ kepada
para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di
seluruh Indonesia. Untuk wilayah Jawa Tengah, Indosat memberikan
Gerobak Berkah kepada marbot diantaranya di Semarang dan Cilacap. Program ini
memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang
dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.
Shodiq, marbot asal Semarang mengatakan, “Saya
bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelangganya, karena dengan program
ini saya memperoleh tambahan modal usaha serta fasilitas penunjang usaha.
Selain kegiatan sehari-hari sebagai marbot, saya juga bisa membuka usaha baru dan mendapatkan penghasilan
tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di area masjid.”
“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan
dan Idulfitri ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar
Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,”
tutup Vikram.
Post a Comment