BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasi Kartu Digital
WARTAJOGJA.ID – Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi yang semakin
pesat, BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi dan transformasi digital.
Hadirnya Aplikasi Mobile JKN sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan kemudahan
akses digital bagi peserta. Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk pemanfaatan fitur-fitur
teknologi guna memudahkan pelayanan bagi peserta agar lebih cepat dan kemudahan
akses informasi pada layanan yang dibutuhkan.
Aplikasi Mobile JKN
menawarkan jalan layanan dalam satu genggaman yang dapat memudahkan peserta
mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan praktis. Peserta dapat
mengakses berbagai fitur pada Aplikasi Mobile JKN, termasuk salah satunya
adalah fitur kartu digital. Menjadi salah satu inovasi yang terus digencarkan
hingga saat ini, BPJS Kesehatan selalu mengupayakan penggunaan kartu digital
agar menunjang kemudahan akses peserta terutama bagi peserta yang belum
memiliki kartu fisik maupun kartu fisik yang hilang.
Kehadiran kartu
digital tidak hanya memberikan kemudahan akses layanan administrasi kepesertaan
bagi peserta, namun juga memberikan konstribusi dalam tranformasi digital,
yaitu peserta tidak perlu kembali untuk cetak kartu fisik. Kemudian, data yang
muncul pada kartu digital di aplikasi Mobile JKN adalah data terbaru dan
peserta tidak perlu melakukan cetak ulang jika terdapat perubahan data.
Kemudahan yang
tersedia saat ini merupakan wujud nyata dari upaya peningkatan pelayanan kepada
peserta JKN. Selain kartu digital yang ada pada Aplikasi Mobile JKN, peserta
juga dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda
Penduduk (KTP) sebagai tanda terdaftarnya kepesertaan di program JKN. Saat ini,
akses layanan kesehatan JKN di fasilitas kesehatan baik Fasilitas Kesehatan
Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan
(FKRTL) cukup menunjukkan NIK saja.
BPJS Kesehatan
Cabang Sleman melakukan sosialiasi kepada kader Puskesmas Cangkringan pada
Kamis (28/02), di Puskesmas Cangkringan. Kegiatan ini menjadi salah satu cara
untuk terus memperluas informasi terkait Aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat.
Salah satu peserta
sosialisasi yang juga merupakan peserta JKN, Sugeng Raharjo, menyampaikan,
layanan BPJS Kesehatan sekarang sangat mudah sekali, cukup menunjukan kartu
digital dari Aplikasi Mobile JKN atau KTP sudah bisa dilayani dan tidak
dipersulit.
“Saya merasakan
langsung, layanan JKN di fasilitas kesehatan baik FKTP maupun FKRTL sangat
mudah, cepat dan setara. Sekarang juga BPJS Kesehatan gencar melakukan
sosialisasi sampai ke puskemas-puskemas seperti ini. Kami sangat merasakan
perhatian yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan Puskesmas Cangkringan kepada
kader wilayah Puskesmas Cangkringan,’’ tambah Sugeng.
Pps. Kepala BPJS
Kesehatan Cabang Sleman, Gallaeh Rama Erga Satria, menyampaikan berbagai
informasi terkait layanan kesehatan yang dapat diakses dan dirasakan manfaatnya
oleh peserta JKN. Sosialiasi kepada para kader sangat berguna sekali karena
para kader ini merupakan ujung tombak dari BPJS Kesehatan untuk membantu
menjawab pertanyaanpertanyaan yang sering dilontarkan oleh warga sekitar.
“Kegiatan ini
bertujuan untuk memaksimalkan informasi yang belum banyak warga ketahui agar
dapat disebarluaskan dan diteruskan sehingga masyarakat dapat merasakan
fasilitas dan askes dari program JKN secara merata,” kata Gallaeh.
Ia juga
menambahkan, salah satu informasi yang belum banyak diterima masyarakat adalah
kartu digital. Kemudahan layanan kesehatan saat ini cukup menggunakan kartu
digital atau KTP. Kebijakan penggunakan kartu digital dan KTP diharapkan dapat
mempermudah peserta JKN dan makin praktis dalam penggunaannya.
“Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk wujud
inovasi dan transformasi digital BPJS Kesehatan yang ditujukan sebagai fungsi
kemudahan akses bagi peserta JKN. Cukup dalam satu genggaman, semua layanan
dapat di akses dari mana saja. BPJS Kesehatan kini makin mudah, cepat dan
setara,” tutup Gallaeh.**
Post a Comment