Libur Nataru, Telkomsel Siaga Optimalkan 233 Ribu BTS
VP Global Network Operations - Galumbang Pasaribu, VP Corporate Communications & Social Responsibility - Saki H. Bramono, SVP Consumer Business Operations - Gilang Prasetya saat sesi Konferensi Pers mengenai kesiapan Telkomsel menyambut NARU 2023 di Bandung, Rabu (6/12).
WARTAJOGJA.ID : Menyambut momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
(NARU) dengan #SemarakSemangat, Telkomsel menghadirkan kenyamanan komunikasi
bagi pelanggan melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband
terdepan dan terluas, ketersediaan produk dan layanan digital bernilai tambah,
serta berbagi harapan dengan mereka yang membutuhkan melalui program Corporate
Social Responsibility (CSR) yang inklusif dan berkelanjutan.
Selama momen perayaan NARU 2023/2024,
Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga
sebesar 13% dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8% dibandingkan dengan
periode NARU tahun sebelumnya. Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada
puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte, dan didorong oleh peningkatan akses
media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan
komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce
sebanyak 19,1%.
Direktur Network Telkomsel
Nugroho mengatakan, "Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi
para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru dengan penuh sukacita,
melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan
ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi
dengan sesama. Terinspirasi oleh semangat bhinneka tunggal ika, kami terus
berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan
menyalakan semangat berbagi harapan dengan #SemarakSemangat di momen selebrasi
NARU kali ini. Mari kita rayakan peluang dan harapan baru akan masa depan yang
lebih cerah, bersama-sama terus melaju untuk kemajuan bangsa."
Kesiapan Jaringan Broadband
Terdepan dan Terluas dengan Lebih dari 233 Ribu BTS
Untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital
pelanggan di seluruh Indonesia selama periode NARU ini, Telkomsel telah
melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus, yang terdiri dari 27 area
residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321
area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur
mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.
Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan
dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit
BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga
menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan
jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi. Untuk mengakomodasi lonjakan
trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support
Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08
Tbps.
Guna menghadirkan pengalaman digital yang
lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional,
Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi
terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open
Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, memberikan
kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch
self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan,
dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.
Selama periode 22 Desember 2023 hingga 2
Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau
pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan, yang di
antaranya termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra. Di samping itu,
Telkomsel pun telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini
telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan
oleh hingga 347 tipe smartphone dari 14 brand.
Ketersediaan Produk Bernilai
Tambah dengan Puluhan Promo, Layanan Pelanggan Terdepan untuk NARU
Guna mendukung kemeriahan Natal 2023 dan Tahun
Baru 2024, Telkomsel menghadirkan ragam produk dan layanan bernilai tambah
dengan program dan promo khusus yang dapat diakses oleh pelanggan di berbagai
titik layanan yang tersedia, mulai dari promo Movie Voucher untuk upgrade
ke paket Halo+ 250k, bebas berlangganan
OTT favorit bagi pelanggan Halo+, tambahan Kuota Apresiasi bagi pelanggan setia
Halo+, hingga kuota besar dan harga yang terjangkau dengan Paket Super Seru,
serta Paket khusus Nonton bagi pelanggan Telkomsel PraBayar. Bagi pelanggan
internet rumah, Telkomsel menghadirkan modem wi-fi paling terjangkau
Orbit Star G1 seharga Rp399 ribu dan mengadakan program promo khusus untuk
pembelian paket JITU 1 dari IndiHome.
Telkomsel juga mendorong #SemarakSemangat NARU
dengan beberapa program bundling khusus, seperti bundling
berlangganan WeTV di berbagai paket internet, paket berlangganan Vidio untuk
menonton pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023™, paket Netflix mobile
dengan kuota lebih banyak, serta paket bundling Google Play Pass
untuk menikmati akses beragam koleksi mobile games dan aplikasi pilihan
berkualitas tinggi tanpa hambatan konten iklan dengan bonus kuota data
Telkomsel. Selain itu, pelanggan juga bisa
mendapatkan keuntungan dengan berbagai program khusus, mulai dari program
Panjat Hadiah Roli di Telkomsel roli, kemudahan untuk membeli produk prabayar
menggunakan Telkomsel PayLater atau BRI Direct Debit di aplikasi MyTelkomsel,
sampai dengan Pesta Hadiah Akhir Tahun bagi pelanggan SMS Banking.
Adapun pelanggan setia Telkomsel
juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat
menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskon di banyak merchant
favorit, diskon smartphone, donasi, berbagi hadiah Natal dan Tahun Baru,
hingga kesempatan mendapatkan total 12 iPhone 15 dan ratusan smartphone
lainnya, belasan motor hingga 4 mobil Yaris dan grand prize BMW 320i,
hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31
Desember 2023.
Lebih lanjut, Telkomsel
mengapresiasi pelanggan setia dengan berbagai keuntungan, mulai dari penukaran
Poin dengan merchandise di GraPARI dan Posko Siaga, Lucky Draw Poin Hoki
berhadiah 22 smartphone bagi pembelian melalui Omni Channel Telkomsel,
harga khusus Telkomsel Orbit dan nomor cantik di Telkomsel Shop, GraPARI, dan
Posko Siaga, hadiah khusus untuk pelanggan yang mengambil produk dari
MyTelkomsel di Alfamart dan Indomaret, promo khusus bundling CCTV hingga
MiFi untuk pembelian IndiHome dengan kecepatan 50 Mbps, serta berbagai program
khusus di GraPARI, seperti lelang nomor cantik, redeem Poin untuk
voucher minuman, dan keuntungan ekstra untuk pembelian smartphone di
device corner.
Untuk kenyamanan pelanggan, 132
Posko Siaga NARU tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan,
penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live
music. Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan
Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi
MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging,
media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 507 GraPARI dan 576 ATM
MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302 ribu mitra outlet Telkomsel.
Ciptakan Dampak
Sosial dalam Implementasi Prinsip ESG dengan Program CSR ‘Sambungkan Senyuman’
Sebagai upaya penciptaan dampak sosial dalam
proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip
Environmental, Social, dan Governance (ESG), selama
periode NARU Telkomsel juga melangsungkan program filantropi ‘Sambungkan
Senyuman’ dengan melakukan distribusi donasi sejumlah bantuan bagi mereka yang
membutuhkan di seluruh penjuru Indonesia, melalui titik distribusi penyerahan
bantuan program CSR di Manado (4 Desember), Bandung (7 Desember), Batam (14
Desember), Kupang (18 Desember).
Selain di keempat lokasi program
tersebut, Telkomsel membuka bantuan pengobatan gratis untuk Masyarakat
Prasejahtera, mendistribusikan bantuan dana untuk Yayasan, Panti Asuhan,
Gereja, dan Sekolah Luar Biasa (SLB), bantuan dana usaha bagi UMKM, bantuan dana
pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa, bantuan nutrisi bagi Bayi dan Balita,
paket sembako bagi Masyarakat Dhuafa/Prasejahtera, hingga bersih-bersih Gereja
dan Rumah Ibadah bersama karyawan di seluruh Indonesia. (Cak)
Post a Comment