Libur Nataru, Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kehangatan dan Kenyamanan dalam Semangat Memberdayakan Indonesia
WARTAJOGJA.ID – Indosat
Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menegaskan
komitmennya hadir di tengah masyarakat Indonesia menjelang perayaan Natal dan
Tahun Baru 2024. Melalui konektivitas dan
layanan digital kelas dunia, Indosat menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dengan semangat pemberdayaan untuk Indonesia.
Vikram
Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison,
menyatakan, "Tujuan utama kami adalah menghubungkan dan memberdayakan
masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami berusaha untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat
Indonesia, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan lingkungan
tersebut. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia,
kami mewujudkan komitmen ini melalui penyediaan konektivitas terbaik agar
masyarakat dapat melewati momen Natal dan Tahun Baru bersama orang terkasih dengan nyaman. Selain itu, kami juga
berbagi kehangatan dengan
anak-anak di Panti Asuhan dengan
harapan dapat menambah kegembiraan mereka dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.”
Demi
menjaga konektivitas selama periode Natal dan Tahun Baru, Indosat telah
mengoptimalkan jaringannya di 434
lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik. Dengan peunambahan ini, Indosat kini
menyediakan kapasitas sekitar 33% lebih
besar daripada rata-rata trafik data harian. Peningkatan
kapasitas ini menjadi langkah antisipatif menghadapi perkiraan lonjakan trafik data
sekitar 11,5% dibandingkan rata-rata harian. Peningkatan ini diperkirakan
dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti
Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.
Tidak hanya itu, Indosat
juga telah melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan menjadi
jalur perjalanan populer masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru,
seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan. Hasil
pengujian ini memastikan bahwa jaringan Indosat optimal dari segi kecepatan.
Selain itu, Indosat juga
telah mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo
Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service
Operation Center (ISOC). Command Center ini didukung oleh Network
Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan
otomatisasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.
Lebih lanjut, Command
Center secara proaktif memonitor area publik yang diperkirakan akan
mengalami lonjakan trafik, seperti bandara, alun-alun, terminal bus, stasiun
kereta, pelabuhan, tempat ibadah, lokasi wisata, dan pusat perbelanjaan. Selain
itu, kota-kota yang menjadi tujuan liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Bogor,
Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru, dan
Gorontalo, diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data tertinggi di
Indonesia.
Indosat melalui
brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga memberikan penawaran menarik yang dapat
dinikmati khusus pada periode Natal dan Tahun Baru. Pelanggan dapat mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu,
pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan
pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp
untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3
dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id.).
Dari Tempat Wisata Hingga Tempat Ibadah, Indosat Tingkatkan Kapasitas
Jaringan di 41 Titik di Yogyakarta
Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada
sejumlah titik di Yogayakarta pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2023 dan
Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat juga menyiapkan peningkatan kapasitas
jaringan di 41 point of interest (POI). Sejumlah POI tersebut merupakan
titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat
di masa libur perayaan Nataru, diantaranya Malioboro, Tugu Jogja, Stasiun Tugu,
Kaliurang, Prambanan, Alun-alun Kidul dan Utara Yogyakarta, hingga Bandar Udara
Internasional Yogyakarta (YIA).
Secara khusus, penguatan jaringan dilakukan dengan menambahkan kapasitas
pada 82 BTS eksisting dan menyiagakan deployment 2 unit mobile based
transmission station (MBTS) yakni di Tawangmangu serta Yogyatourium (Dagadu
Djokdja Creative Space). Hal ini sebagai bentuk komitmen Indosat untuk
memastikan pelanggan tetap terhubung secara nyaman selama masa libur Nataru.
SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve
Saerang mengatakan, “Kami terus berfokus melakukan
peningkatan kapasitas jaringan khususnya dalam menyambut libur Natal dan Tahun
Baru ini. Kami berkomitmen memberikan layanan kelas dunia bagi pelanggan,
sehingga mereka bisa berlibur dengan bahagia dan nyaman. Di wilayah Yogyakarta sendiri
kami memperkiran kenaikan trafik terutama terjadi di daerah Lamongan,
Mojokerto, Jombang, dengan prediksi lonjakan traffic sekitar 10%.”
Steve menambahkan, “Selain penguatan jaringan, kami
juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Surabaya,
didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial
Intelligence/Machine Learning) dan otomasi. Teknologi ini digunakan untuk
memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan
Nataru. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard,
Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard.”
Hadirkan Kehangatan dan Kebahagiaan Bagi Ribuan Anak di Panti Asuhan
Selain memastikan
kualitas layanan dan jaringan terbaik, komitmen Indosat menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan bagi masyarakat juga akan dirasakan oleh lebih dari 5600 anak yatim di seluruh Indonesia. Kesempatan penuh kasih untuk berbagi tahun ini merupakan bagian dari program Corporate Social
Responsibility (CSR) di pilar Filantropi. Mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kebaikan’, menjadi penutup rangkaian bulan berbagi Indosat
sepanjang Desember 2023.
“Periode akhir tahun menjadi momentum yang tepat untuk menutup
perjalanan Indosat selama satu tahun penuh dalam menghubungkan dan memberdayakan
masyarakat Indonesia. Memastikan konektivitas dan berbagi dengan mereka yang
membutuhkan menegaskan konsistensi kehadiran Indosat sebagai bagian tak
terlepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia” tutup Vikram.
Post a Comment