News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perkuat SDM, Tim Bawaslu seDIY Dilatih Buat Konten Video

Perkuat SDM, Tim Bawaslu seDIY Dilatih Buat Konten Video


WARTAJOGJA.ID : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY mengumpulkan personil humas dari Bawaslu lima kabupaten/kota, Sabtu (4/11/2023) di el Hotel Dagen Yogyakarta.

Para personil bidang kehumasan ini dilatih memproduksi konten video untuk publikasi dan sosialisasi dalam kerja pengawasan pemilu.

Umi Illiyana, Kepala Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu DIY mengatakan pihaknya ingin agar anggota Bawaslu di seluruh wilayah DIY memperbaharui pengetahuan dan skill dalam upaya pengawasan pemilu.

Salah satunya dengan memproduksi konten menarik baik untuk upaya sosialisasi maupun penunjang kinerja pengawasan.

"Kami ingin teman-teman Bawaslu bisa memproduksi konten yang efektif dan bisa ditangkap dengan baik pesannya oleh masyarakat. Sekarang karakter masyarakat itu berbeda, melihat pesan dengan waktu 30 detik pertama di video. Kami berharap teman-teman di Bawaslu bisa mengikuti apa kebiasaan masyarakat. Tujuannya sangat penting agar pesan itu bisa tersampaikan dengan baik," ungkapnya.

Dipilihnya teknik video editing dan pembuatan konten menjadi sangat penting karena Bawaslu menilai sosial media dengan jutaan pengguna menjadi ruang efektif untuk dimanfaatkan sebagai sarana pengawasan.

Apalagi, masyarakat maupun peserta pemilu memanfaatkan berbagai platform digital untuk bergerak dalam masa pemilu.

"Ini penting katena Bawaslu mencoba menyesuaikan perkembangan jaman, bagaimana teknologi pegang peran penting untuk kehidupan masyarakat. Selama dua hari pelatihan, peserta kita beri target, mereka harus bisa membuat video, menciptakan konten namun berkenaan dengan bagaimana cara pengawasan oleh Bawaslu," sambungnya.

Selama ini menurut Umi, Bawaslu di kabupaten/kota dan pengawasan di kecamatan masih belum maksimal dalam memproduksi konten baik secara kuantitas maupun kualitas. Banyak yang masih terjebak lamanya durasi dengan pesan justru tak mengena pada khalayak.

"Kami tekankan upgrade skill ini untuk memaksimalkan peran kelembagaan, akun sosial media Bawaslu di kabupaten/kota agar bisa lebih efektif menjangkau masyarakat. Konten ditingkatkan lagi kualitasnya, karena yang terjadi sering durasi panjang tapi tidak menarik. Kami hadirkan narasumber muda ekspert di bidangnya yang bisa memberikan informasi bagaimana membuat kekinian yang diterima masyarakat," lanjutnya.

Di sisi lain masih menurut Umi, pemahaman dunia digital sangat penting dimiliki oleh anggota Bawaslu karena para peserta pemilu kini memanfaatkan dunia maya untuk menggalang dukungan. Pihaknya tak ingin ketinggalan langkah ketika melakukan upaya pengawasan pemilu 2024. (Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment