News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OSL STIMARYO Jadi Sarana Peningkatan Pengetahuan Taruna Hadapi Dunia Kerja

OSL STIMARYO Jadi Sarana Peningkatan Pengetahuan Taruna Hadapi Dunia Kerja

WARTAJOGJA.ID : Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO) mengadakan kegiatan Orientasi Studi Lapangan (OSL) selama tiga hari (10 – 12 November 2023) di kapal KM Lawit tujuan Semarang-Karimun
milik PT. PELNI yang diikuti oleh program studi Transportasi, Manajemen Transportasi Laut, Studi Nautika dan Permesinan Kapal.

Menurut Ketua STIMARYO, Dr. Wegig Pratama, M.Pd, kegiatan ini wajib diikuti semua taruna STIMARYO pada waktu di semester 3 sesuai dengan kurikulum masing-masing Prodi. 

"Tujuan OSL ini supaya Taruna lebih awal mengenal lebih dekat dengan profesinya nanti setelah lulus," kata Dr. Wegig Senin (13/11).

Dalam kegiatan ini, taruna dikelompokkan dan mendapatkan materi langsung dari para kru kapal sesuai prodi masing – masing. 

Taruna prodi Transportasi dan Manajemen Transportasi Laut mendapatkan pengetahuan tentang dokumen kapal yang beberapa di antaranya adalah Surat Ijin Berlayar, manifest penumpang, surat laut dan surat ukur internasional. Selain itu, taruna juga mendapatkan pengetahuan tentang proses embarkasi dan debarkasi penumpang serta fasilitas yang ada di dalam kapal. 

Di lain pihak, prodi Studi Nautika dan Permesinan Kapal dilatih untuk melakukan dinas jaga selama kapal berlayar. Selama dinas jaga, taruna prodi Studi Nautika mendapatkan materi dari para perwira mengenai sistem navigasi kapal, menentukan posisi kapal dan membuat haluan.


 
"Taruna Studi Nautika juga diperlihatkan semua alat navigasi yang tersebar di seluruh kapal, mulai dari top deck hingga main hole," ujar Dr. Wegig.

Berbeda dari taruna Studi Nautika, taruna Permesinan Kapal mendapatkan kesempatan untuk masuk Kamar Mesin dan melihat secara langsung bagaimana mesin kapal bekerja antara lain pengenalan tanggung jawab masing-masing masinis, jenis mesin dan persiapan olah gerak kapal saat tiba di Pelabuhan. 

"Kegiatan OSL ini memberikan gambaran langsung mengenai kegiatan di atas kapal sehingga taruna lebih siap untuk bekerja," kata Dr. Wegig.

Selain itu, kegiatan ini menambah dan meningkatkan pengetahuan yang biasa taruna pelajari di dalam kelas, terlebih lagi ditunjang dengan sarana dan prasarana yang ada di dalam kapal. (Cak/Wit)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment