News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Artotel Suites Bianti Gelar Pameran Lukisan Rumah Kedua

Artotel Suites Bianti Gelar Pameran Lukisan Rumah Kedua

WARTAJOGJA.ID : ARTOTEL Suites Bianti kembali menggelar pameran lukisan di ARTSPACE dengan mengusung tema "Rumah Kedua" karya Oetje Lamno. Sebanyak 14 lukisan, satu diantaranya merupakan karya instalasi menghiasi dinding lobby hotel tersebut hingga 31 Januari 2024.

Lukisan bertemakan gunung diberi nama Rumah Kedua oleh Oetje Lamno, seakan mengilustrasikan ketertarikan batinnya terhadap gunung. Energi positif yang terpancar, membangkitkan rasa sukacita dan ketenangan ketika ia berada di gunung.

Semuanya terasa seperti berada di tempat perlindungan, hingga Oetje Lamno menyebutnya sebagai "Rumah Kedua".

"Karya – karya berupa gunung ini muncul dari kegelisahan saya sejak lima tahun yang lalu, ketika saya masih sering naik gunung, seminggu bisa tiga kali naik gunung. Entah mengapa di sana saya merasakan rasa nyaman seolah –olah menemukan rumah yang baru. Dari rasa tersebut saya olah secara estetis hingga menjadi sebuah karya," ungkap Oetje.

Dari karya – karya tersebut bisa dimaknai juga keinginan seorang Oetje untuk memiliki sebuah rumah di wilayah pegunungan.

Satu karya kontemporer milik Oetje yang menarik perhatian adalah "Mau Tinggal Dimana Lagi" yang menggambarkan kegundahan terhadap hiruk pikuk kehidupan kota dan timbulnya angan untuk memiliki tempat tinggal dengan suasana yang tidak berdesak–desakan.

Dalam pameran tersebut Oetje juga membawa 2 karya lamanya berjudul Dreamer dan Fatamorfosa sebuah ilustrasi mengenai mimpi – mimpi serta perwujudan cita –cita.

Lukisan Oetje sebagian besar menggunakan warna emas atau monochrome, menurutnya warna tersebut mempunya fengsui yang baik dan menandakan warna keberuntungan.

Oetje Lamno, seniman kelahiran Yogyakarta dan menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, telah menapaki jejak seni dengan pameran baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Karyanya telah memenuhi dinding beberapa galeri di Singapura dan mengantarnya sebagai finalis dalam kompetisi seni di Indonesia. Tidak hanya itu, ia juga pernah berkesempatan menampilkan karyanya di ajang bergengsi Beijing Biennale di Tiongkok.

Imant Setiawan CHA CHRM General Manager ARTOTEL Suites Bianti - Yogyakarta mengaku bangga kepada seniman-seniman yang menunjukkan eksistensinya di level kancah dunia. Pihaknya merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam dalam memamerkan perjalanan estetis Oetje Lamo.

"Kami membuka lebar pintu kami untuk seniman dapat menunjukkan karya seni Anda! Komitmen kami untuk selalu men-support segala bentuk kegiatan yang sifatnya untuk mengapresiasi kesenian. Harapan kami, ARTOTEL Suites Bianti - Yogyakarta menjadi salah satu destinasi bagi penikmat seni," pungkas Imant Setiawan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment