News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yenny Wahid : Kalau Ada Cawapres Dari NU, Kami Lebih Mudah

Yenny Wahid : Kalau Ada Cawapres Dari NU, Kami Lebih Mudah




WARTAJOGJA.ID  : Putri mendiang Presiden Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid berharap ada calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan Nahdlatul Ulama atau NU yang dapat digandeng salah satu kandidat calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 nanti.

"Kalau ada (cawapres) dari NU tentu kami lebih mudah menentukan arah dukungan (pada Pemilu 2024)," kata Yenny di sela pertemuan santai dengan sejumlah seniman di Yogyakarta Jumat 13 Oktober 2023.

Dari tiga kandidat capres yang bakal maju Pemilu 2024, baru bacapres Anies Baswedan yang menunjuk cawapresnya yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Masih tersisa dua bacapres yang belum mengumumkan cawapresnya. Yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Saat ditanya apakah Cak Imin yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mewakili NU? Yenny enggan membahasnya lebih jauh.

"Semua sudah tahu posisi kami kalau soal Cak Imin, jadi itu tak perlu dijelaskan lagi," kata Yenny.

"Posisi keluarga Gus Dur itu mirip dengan PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) kalau soal Cak Imin," imbuh Yenny.

Dengan demikian, Yenny melanjutkan, saat ini hanya tersisa dua bacapres yang akan ditunggu pilihan cawapresnya untuk keluarga Gus Dur menentukan dukungan.

"Apakah ke Pak Ganjar atau Pak Prabowo, tergantung cawapres yang akan dipilih kedua calon itu," kata Yenny.

Semisal dari dua kandidat itu cawapresnya sama sama dari NU, Yenny mengatakan akan dilihat kembali siapa yang dinilai paling cocok memimpin negara.

"Dilihat kemampuan, kapabilitas, kami akan lihat score nya, dari keduanya itu paling tinggi siapa kalau sama sama cawapresnya dari NU," kata dia.

Terkait isu Ganjar Pranowo akan menggandeng Gubernur Jawa Timur 
Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU, Yenny meminta publik menunggu saja.

"Kita lihat saja," kata dia.

Lantas, siapa kiranya tokoh NU yang dinilai layak menjadi cawapres dan memimpin negara ? Yenny membeberkan sejumlah nama.

"Ada banyak tokoh NU yang layak, seperti Prof Mahfud MD, Bu Khofifah, Gus Yaqut (Yaqut Cholil Qoumas)," kata Yenny.

Bila tak ada cawapres yang berasal dari NU, Yenny pun tak masalah.

"Ya nanti kita lihat orang yang paling dekat dengan NU, yang jelas keluarga besar Gus Dur untuk arah dukungan menunggu semua pasangan komplit (mengumkan cawapresnya)," kata Yenny. (Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment