News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terapkan Energi Berkelanjutan, Sido Muncul Raih Subroto Awards 2023

Terapkan Energi Berkelanjutan, Sido Muncul Raih Subroto Awards 2023


Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyerahkan penghargaan kepada PR Manager Sido Muncul Sri Wahyuni

WARTAJOGJA.ID : PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. seolah tak pernah lelah berinovasi. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya penghargaan yang telah dikantongi selama 2023.

Kali ini, penghargaan tersebut datang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM). Menutup kuartal III 2023, Sido Muncul berhasil meraih peringkat 1 kategori Manajemen Energi di Industri dan Gedung, Sub Kategori Industri Manufaktur Besar.

Penghargaan Subroto ini diserahkan pada Jumat (29/9) di Jakarta.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan, penghargaan Subroto merupakan bentuk komitmen Sido Muncul dalam kebijakan penggunaan energi yang hemat dan ramah lingkungan.

"Penghargaan ini karena kami serius berkonsentrasi dengan energi. Energi itu adalah masa depan dan kita tahu di Indonesia ini semua murah semua disubsidi. Tapi suatu saat tidak akan disubsidi lagi. Kita sebagai pengusaha sudah bersiap. Energi terukur dan efisien," ujar Irwan di sela acara Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI di Pasar Semawis Pecinan Semarang, Sabtu (30/9).

Irwan menjelaskan, Sido Muncul senantiasa melakukan berbagai terobosan agar pabrik perusahaan jamu yang terletak di Kabupaten Semarang itu menjadi perusahaan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Mulai dari listrik yang menggunakan solar panel atau energi matahari, sampai pemanfaatan sampah.

"Inovasi kita semua sudah lakuin, kita tidak pernah buang sampah karena kita manfaatkan. Listrik kita bayar yang mahal pakai green energy dan kita juga pakai solar cell. Kita sadar ke depan energi itu mahal," jelas dia.
Irwan pun merasa puas dengan kinerja tim dan perusahaannya dalam pemanfaatan dan efisiensi energi yang bisa dilakukan oleh Sido Muncul selama ini.

"Saya puas dengan kinerja tim kami di bidang lingkungan hidup dan tujuannya tercapai save energy, save water. Hemat air dan energi," kata Irwan.

Dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun terakhir Perusahaan telah menerapkan cara pengolaan dan pengolahan yang semakin ramah lingkungan.

Diawali dengan mengolah ampas jamu sisa produksi ekstraksi menjadi bahan bakar energi baru terbarukan yang berbasis pada tumbuh-tumbuhan hingga membudidayakan pupuk kandang sebagai sarana untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Menurut Irwan, pencapaian Sido Muncul untuk menerapkan sustainability system memang sebuah perjalanan yang panjang. Namun, bukan berarti tidak dapat diupayakan. Ke depannya, Sido Muncul akan terus berkomitmen dalam mendukung kelestarian lingkungan dari hulu ke hilir. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment