News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siapa Capres-Cawapres 2024 Yang Paling Wakili NU ? Gus Yaqut : Yang Bermanfaat Bagi Bangsa

Siapa Capres-Cawapres 2024 Yang Paling Wakili NU ? Gus Yaqut : Yang Bermanfaat Bagi Bangsa


WARTAJOGJA.ID : Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga dikenal dengan panggilan Gus Yaqut merespon soal dinamika pemilihan presiden 2024 yang kini sudah memunculkan nama bakal calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres).

Bakal capres dan cawapres yang mencuat itu yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Gus Yaqut pun merespon saat 
ditanya dari tiga pasangan bakal capres dan cawapres yang sudah muncul itu, mana yang akan didukung barisan kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) seperti Banser dan Ansor? 

"Banser-Ansor bukan partai politik kok," kata Yaqut saat ditemui di Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Senin 23 Oktober 2023.

Namun, saat ditanya kembali, siapa dari ketiga pasangan bakal capres dan cawapres itu yang dianggap merepresentasikan perwakilan NU, Yaqut yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor itu menjawab santai.

"Kalau ditanya dari ketiga (pasangan capres cawapres) itu yang paling mewakili NU ya yang paling bermanfaat untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Yaqut singkat.

Hingga saat ini belum diketahui pasti arah dukungan organisasi Islam terbesar Indonesia itu pada ketiga pasangan bakal capres dan cawapres. 

Dari latar tiga pasangan yang maju, latar NU disebut sebut ada pada sosok Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjadi pasangan Anies Baswedan. Juga Mahfud MD yang menjadi pasangan Ganjar Pranowo. 

Adapun pasangan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka diketahui sama sama berlatarbelakang partai politik meski Prabowo disebut sebut juga dekat dengan keluarga Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Putri Gus Dur Yenny Wahid sebelumnya menyatakan arah dukungan keluarga besar Gus Dur akan diungkap setelah semua pasangan resmi ditetapkan KPU.

Yenny mengimbuhkan, sosok cawapres menjadi faktor penting keluarga Gus Dur melabuhkan dukungan. (Van)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment