News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perang Palestina-Israel, Amien Rais Desak Jokowi Lakukan Balas Budi Ke Palestina

Perang Palestina-Israel, Amien Rais Desak Jokowi Lakukan Balas Budi Ke Palestina




WARTAJOGJA.ID : Politikus senior yang juga Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais mendesak pemerintah Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersikap tegas terkait konflik Palestina-Israel yang kembali meruncing saat ini.

"Palestina dulu, menjelang Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, tokoh-tokohnya sudah mengendorse (mempromosikan kemerdekaan Indonesia) terlebih dulu, kemudian diikuti Mesir dan negara lain," kata Amien Rais di Yogyakarta Rabu 18 Oktober 2023.

Atas jasa Palestina itu, kata Amien, Indonesia sebagai negara sahabat semestina paling vokal membela kedaulatan Palestina yang saat ini sedang perang dengan Israel.

"Masa Indonesia tidak balas budi, jadi utang budi mestinya dibalas budi," kata Amien.

Amien mengatakan sudah tiba saatnya, Indonesia sebagai negeri muslim terbesar di dunia bisa turut memperjuangkan kemerdekaan Palestina atas Israel.

"Kami mendesak supaya Pak Joko Widodo selaku presiden sekarang ini mengambil langkah-langkah lebih aktif, tegas, dan konkret bagaimana caranya Indonesia bisa memberikan pertolongan pada Palestina," kata dia.

Pertolongan Indonesia untuk Palestina yang dimaksud Amien dalam berbagai bentuk.

"Entah itu bantuan bahan makanan atau finansial," kata Amien.

Mantan Ketua MPR itu menambahkan, dalam kasus Palestina-Israel, Indonesia juga tidak mungkin mengingkari pembukaan undang-undang dasar (UUD) 1945. 

"Bahwa kita ini punya kewajiban konstitusional yaitu mendukung kemerdekaan dari segala bentul penjajahan, dimana pun itu berada, tidak pandang negara, tidak pandang bulu," kata Amien.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment