News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ita : Pelayanan BPJS Keliling Cepat, Mudah dan Nyaman

Ita : Pelayanan BPJS Keliling Cepat, Mudah dan Nyaman


Ita Kurniawati


WARTAJOGJA.ID - Layanan BPJS Keliling merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam menghadirkan kemudahan layanan administrasi serta pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat luas.  

 

BPJS Kesehatan Cabang Sleman juga turut menjalankan layanan tersebut dengan harapan layanan tersebut dapat memberikan kemudahan berbagai layanan seperti akses layanan pengurusan administrasi, cek keaktifan kartu peserta, perubahan data, peralihan kepesertaan serta sosialisasi layanan BPJS Kesehatan baik berupa informasi layanan publik dan aduan tentang layanan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang disambangi oleh BPJS Keliling.

 

Hadirnya BPJS Keliling ini sendiri diketahui mendapatkan berbagai respon positif dari masyarakat tak terkecuali Ita Kurniawati, warga Tegal Cabakan, RT 7 RW 30, Kalurahan Sumberadi, Kabupaten Sleman. Ita Kurniawati mengatakan bahwa dirinya mulai terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada tahun 2020 tepat ketika hendak melahirkan anak keduanya. 

 

Ita mengatakan, layanan JKN pertama kali saat melahirkan anak keduanya di rumah sakit dan dilakukan operasi caesar. Saat itu, Ita dirujuk dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan tidak mengalami adanya perbedaan layanan yang diberikan di rumah sakit baik oleh dokter ataupun perawatnya. 

 

"Anak pertama saya lahirnya di rumah sakit daerah Sleman, lalu anak kedua di Klinik Mutiara Sehat Sukoharjo kemudian dirujuk ke Rumah Sakit PKU Wonogiri karena kata dokter, pinggul saya sempit dan sudah melampaui Hari Perkiraan Lahir (HPL). Oleh karena itu, dokter di FKTP memberikan rujukan ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter kandungan di poli kandungan. Jadi hari pertama kontrol, lalu hari berikutnya langsung disarankan untuk operasi secar,” ungkap Ita, Senin (30/10).

 

Berdasarkan pengalamannya, Ita berharap Program JKN selalu ada dan berkelanjutan karena Program JKN sangat membantu dan meringankan masyarakat yang membutuhkan terutama orang yang tidak mampu.

 

“Dengan adanya BPJS Kesehatan dan Program JKN ini sangat meringankan kebutuhan biaya kesehatan, penanganannya di rumah sakit juga maksimal, tidak ada tambahan biaya apapun, dan juga tidak ada perbedaan antara peserta JKN maupun peserta non JKN.  Jadi, saya berharap untuk kedepannya tetap berlanjut seperti ini, sangat membantu,” tambahnya.

 

Pada kesempatan kali ini, ia kembali lagi merasakan puas menjadi peserta JKN yaitu salah satunya dengan layanan BPJS Keliling. Pada kegiatan BPJS Keliling di Kalurahan Sumberadi, ia mengatakan bahwa layanan BPJS Keliling sangat membantunya karena menjadi hemat biaya dan hemat waktu. Datang ke Kalurahan Sumberadi untuk melakukan layanan ganti faskes. Tidak hanya itu, Ita mengungkapkan keberhasilannya mengunduh salah satu aplikasi luncuran BPJS Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN.

 

“Saya tadi dapat dari chat dari kader desa bahwa di Kalurahan Sumberadi ada BPJS Keliling. Keperluan saya untuk mengganti faskes dan data yang diperlukan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Lalu petugas BPJS Kesehatan yang melayani di BPJS Keliling sangat ramah, sabar, cepat penanganannya dan cepet pelayanannya. Saya juga diajarkan cara mengunduh Aplikasi JKN dan ternyata sangat gampang sekali,” jelas Ita.

 

Ia sendiri mengaku puas dengan adanya BPJS keliling, semua makin memudahkan dirinya sebagai peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan. 

 

“Dengan BPJS Keliling seperti ini dapat menghemat biaya dan juga menghemat bensin, jadi tidak perlu langsung ke kantor BPJS Kesehatan, tidak perlu waktu lebih lama,” tambah Ita saat ditemui di layanan BPJS Keliling di lingkungan Sumberadi.

 

Ia turut mengucapkan terima kasih atas kemudahan yang dihadirkan bagi seluruh masyarakat oleh BPJS Kesehatan melalui BPJS Keliling atau Mobile Customer Service.

 

“Terima kasih BPJS Kesehatan, sekarang pelayanannya cepat, mudah dan sangat nyaman,” ucap

Ita.

 

Ita yang merasakan bahwa BPJS sudah sangat membantunya, berharap agar BPJS Keliling ini dapat menjangkau wilayah lebih luas lagi dan masyarakat makin banyak yang terbantu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment