Ita : Pelayanan BPJS Keliling Cepat, Mudah dan Nyaman
WARTAJOGJA.ID - Layanan BPJS Keliling
merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam menghadirkan kemudahan layanan
administrasi serta pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat luas.
BPJS Kesehatan Cabang Sleman juga turut
menjalankan layanan tersebut dengan harapan layanan tersebut dapat memberikan
kemudahan berbagai layanan seperti akses layanan pengurusan administrasi, cek
keaktifan kartu peserta, perubahan data, peralihan kepesertaan serta
sosialisasi layanan BPJS Kesehatan baik berupa informasi layanan publik dan
aduan tentang layanan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang disambangi oleh BPJS
Keliling.
Hadirnya BPJS Keliling ini sendiri diketahui
mendapatkan berbagai respon positif dari masyarakat tak terkecuali Ita
Kurniawati, warga Tegal Cabakan, RT 7 RW 30, Kalurahan Sumberadi, Kabupaten
Sleman. Ita Kurniawati mengatakan bahwa dirinya mulai terdaftar sebagai peserta
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada tahun 2020 tepat ketika hendak melahirkan
anak keduanya.
Ita mengatakan, layanan JKN pertama kali saat
melahirkan anak keduanya di rumah sakit dan dilakukan operasi caesar. Saat itu, Ita dirujuk dari Fasilitas
Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat
Lanjutan (FKRTL) dan tidak mengalami adanya perbedaan layanan yang diberikan di
rumah sakit baik oleh dokter ataupun perawatnya.
"Anak pertama saya lahirnya di rumah
sakit daerah Sleman, lalu anak kedua di Klinik Mutiara Sehat Sukoharjo kemudian
dirujuk ke Rumah Sakit PKU Wonogiri karena kata dokter, pinggul saya sempit dan
sudah melampaui Hari Perkiraan Lahir (HPL). Oleh karena itu, dokter di FKTP
memberikan rujukan ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter kandungan di poli
kandungan. Jadi hari pertama kontrol, lalu hari berikutnya langsung disarankan
untuk operasi secar,” ungkap Ita, Senin (30/10).
Berdasarkan pengalamannya, Ita berharap
Program JKN selalu ada dan berkelanjutan karena Program JKN sangat membantu dan
meringankan masyarakat yang membutuhkan terutama orang yang tidak mampu.
“Dengan adanya BPJS Kesehatan dan Program JKN
ini sangat meringankan kebutuhan biaya kesehatan, penanganannya di rumah sakit
juga maksimal, tidak ada tambahan biaya apapun, dan juga tidak ada perbedaan
antara peserta JKN maupun peserta non JKN.
Jadi, saya berharap untuk kedepannya tetap berlanjut seperti ini, sangat
membantu,” tambahnya.
Pada kesempatan kali ini, ia kembali lagi
merasakan puas menjadi peserta JKN yaitu salah satunya dengan layanan BPJS
Keliling. Pada kegiatan BPJS Keliling di Kalurahan Sumberadi, ia mengatakan
bahwa layanan BPJS Keliling sangat membantunya karena menjadi hemat biaya dan
hemat waktu. Datang ke Kalurahan Sumberadi untuk melakukan layanan ganti
faskes. Tidak hanya itu, Ita mengungkapkan keberhasilannya mengunduh salah satu
aplikasi luncuran BPJS Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN.
“Saya tadi dapat dari chat dari kader desa bahwa di Kalurahan
Sumberadi ada BPJS Keliling. Keperluan saya untuk mengganti faskes dan data
yang diperlukan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Lalu petugas BPJS
Kesehatan yang melayani di BPJS Keliling sangat ramah, sabar, cepat
penanganannya dan cepet pelayanannya. Saya juga diajarkan cara mengunduh
Aplikasi JKN dan ternyata sangat gampang sekali,” jelas Ita.
Ia sendiri mengaku puas dengan adanya BPJS
keliling, semua makin memudahkan dirinya sebagai peserta JKN dalam mendapatkan
pelayanan BPJS Kesehatan.
“Dengan BPJS Keliling seperti ini dapat
menghemat biaya dan juga menghemat bensin, jadi tidak perlu langsung ke kantor
BPJS Kesehatan, tidak perlu waktu lebih lama,” tambah Ita saat ditemui di
layanan BPJS Keliling di lingkungan Sumberadi.
Ia turut mengucapkan terima kasih atas
kemudahan yang dihadirkan bagi seluruh masyarakat oleh BPJS Kesehatan melalui
BPJS Keliling atau Mobile Customer Service.
“Terima kasih BPJS Kesehatan, sekarang
pelayanannya cepat, mudah dan sangat nyaman,” ucap
Ita.
Post a Comment