News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gandeng Pakar Kemendikbudristek, Universitas Alma Ata Yogya Review Kelengkapan Rancangan Dokumen MKBM

Gandeng Pakar Kemendikbudristek, Universitas Alma Ata Yogya Review Kelengkapan Rancangan Dokumen MKBM


WARTAJOGJA.ID : Tim Pelaksana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Review Kelengkapan Rancangan Dokumen MBKM bersama pakar MBKM dari Kemendikbudristek pada Selasa, (3/10/2023) di UAA.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Nurhadi Irbath, ST, CEC, LCCC, Kepala Bidang Kemitraan Strategis dari Instansi Pelaksana Pusat Kampus Mengajar Kemdikbudristek.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan membangun dari pakar/narasumber terkait kelengkapan rancangan dokumen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah disusun oleh Tim Penggerak MBKM UAA. 

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan MBKM UAA dengan kebijakan MBKM yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Melalui kegiatan ini kami juga ingin memperoleh gambaran kebijakan MBKM maupun implementasi MBKM di Perguruan Tinggi lain yang telah memiliki track record baik dalam MBKM. Semua saran dan cerita pengalaman praktik baik terkait kebijakan MBKM akan kami gunakan sebagai bahan masukan untuk mengembangkan dokumen MBKM di UA,” jelas Ketua Tim Penggerak MBKM UAA, Dr. Martalia Ardiyaningrum, M.Pd.

FGD ini diikuti oleh 12 dosen dan tendik yang merupakan perwakilan dari Rektorat, Tim Penggerak MBKM UAA, dan Kantor Jaminan Mutu yang tergabung dalam Tim Pelaksana Hibah PK-KM UAA tahun 2023. 

Wakil Rektor bidang pengembangan akademik, pembelajaran, dan MBKM UAA, Dr. Muh. Mustakim, M.Pd.I yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan dalam sambutannya bahwa sangat mendukung kegiatan ini.

"UAA Yogyakarta saat ini telah memiliki Kebijakan terkait MBKM, namun kebijakan tersebut masih perlu dikembangkan guna mengakomodir seluruh dasar hukum tercakup," ujar Mustakim.

Universitas Alma Ata saat ini telah mengimplementasikan kebijakan MBKM tersebut baik pada program yang dilaksanakan melalui program Flagship maupun program Mandiri UAA. 

Untuk dapat memastikan bahwa implementasi MBKM UAA berjalan sesuai dengan penjaminan mutu internal UAA, maka kebijakan MBKM juga perlu mengakomodir proses PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). 

Melalui proses ini akan menjamin pencapaian target kegiatan maupun keselarasan dengan rencana operasional dari UAA. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment