News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ditanya Apakah PKB Pecah Pasca Dukung Anies, Yenny Wahid Bilang Begini

Ditanya Apakah PKB Pecah Pasca Dukung Anies, Yenny Wahid Bilang Begini




WARTAJOGJA.ID : Pemilihan Umum (pemilu) presiden tinggal menunggu hitungan bulan, ada tiga nama kandidat sebagai Presiden Indonesia yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Perlu dicatat bahwa tiga nama itu belum secara resmi diusung sebagai kandidat dalam Pilpres 2024. Sebab, tahapan pencalonan baru dibuka Komisi Pemilihan Umum pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Dari survei yang dilakukan Litbang Kompas pada September di beberapa lokasi menunjukkan Anies berada di posisi ketiga dan tertinggal dari Ganjar Pranowo serta Prabowo Subianto walaupun sudah meminang Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden.

Terkait ini apakah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pecah dalam memberikan dukungan kepada Anies dan Cak Imin, Yenny Wahid memberikan tanggapannya. 

Menurut Yenny dia enggan berkomentar terlalu banyak soal PKB sekarang.

“Saya gak mau komentar lagi lah soal PKB, tapi intinya begini kalau bisa warga PKB silakan nyoblos PKB tapi presidennya ikut saya,” ujar Yenny saat ditemui di Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).

Walaupun, Aktivis Nahdlatul Ulama (NU) ini sampai sekarang belum menentukan arah dukungannya. Namun, saat pertemuan dengan Butet ini dirinya sempat dirayu oleh Butet untuk ikut mendukung Ganjar Pranowo.

“Kalau saya masih berproses. Saya masih jalin komunikasi dengan semua, kita lihat wakilnya siapa. Karena dari wakil itu, baru kita tentukan dukungan,” jelas Yenny.

Sambung Yenny, jika salah satu dari bakal calon presiden antara Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo memilih tokoh-tokoh NU untuk menjadi cawapresnya hal itu lebih mudah baginya untuk menentukan dukungan.

“Kalau ada wakil NU nya, buat saya jauh lebih mudah untuk mendukung,” imbuhnya.

Sementara itu, Budayawan Butet Kartaredjasa membenarkan bahwa pertemuan dengan Yenny adalah untuk membahas politik di Indonesia. Dia juga mengaku lebih senang jika nantinya Yenny ikut memberikan dukungannya ke Ganjar Pranowo.

“Nek targetku harapanne (kalau target saya harapannya) Mbak Yenny dukung Ganjar sek paling waras (yang paling waras),” kata dia.

Menurut Butet dengan memberikan dukungan kepada Ganjar PRanowo sama dengan menyelamatkan Indonesia. Hal itu didasari karena Ganjar menguasai masalah di Indonesia.

“Yang menyelamatkan Indonesia dia menguasai masalah, dia akan melanjutkan capaian Pak Jokowi jelas,” kata dia. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment