News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul Apresiasi Wirausaha Belia Tahun 2023, Angkat Tema Pemberdayaan Wirausaha Muda Naik Kelas, Tangguh dan Kreatif

Sarasehan Sibakul Apresiasi Wirausaha Belia Tahun 2023, Angkat Tema Pemberdayaan Wirausaha Muda Naik Kelas, Tangguh dan Kreatif





WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada 5 September 2023 yang dipusatkan di Hotel Grand Rohan Jogja, Jl. Raya Janti Jl. Gedongkuning No.336, Banguntapan, Bantul Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber Sarasehan yang bersamaan dalam rangkaian Apresiasi Wirausaha Belia Tahun 2023 dan tema Pemberdayaan Wirausaha Muda Naik Kelas, Tangguh, Kreatif, dan Inovatif itu antara lain DR. Didik Wardaya, SE., M.Pd. – Kepala Disdikpora DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA – Kepala Dinas Koperasi UKM DIY, Muhammad Alva Priyandito – SMK Al Hikmah Gubuk Rubuh dan Hanang Mintarta – Pelaku Usaha Batik / Alumni SMSR.

Program Momenku Siap Berkemas adalah Akronim dari Model Manajemen Kelompok Usaha Siswa Partisipasi Berantas Kemiskinan Masyarakat upaya untuk memberantas kemiskinan masyarakat melalui pendidikan kewirausahaan di sekolah. 

Program ini dikembangkan melalui perbaikan pembelajaran wirausaha dimulai dari Penyadaran, Pemberdayaan, Pengembangan dan Pemantapan dengan melibatkan mitra dari dunia usaha dan industry, lintas OPD  serta memberikan stimulus berupa beasiswa kepada kelompok usaha siswa. Setelah menjalani proses pengembangan usaha, para siswa akan diwisuda dalam acara wisuda wirausaha belia.  
 
Tingginya tingkat kemiskinan di DIY, stigma SMK penyumbang pengangguran terdidik tertinggi, disrupsi inovasi yang berdampak pada hilangnya lapangan pekerjaan yang dulu diisi oleh lulusan SMK banyak tergantikan mesin, dan Pertumbuhan ekonomi yang belum mampu menyerap tenaga kerja lulusan SMK. Data menunjukkan masih banyak lulusan SMK masih mengalami masa tunggu/menganggur. 

Program Momenku Siap Berkemas ditargetkan untuk mencakup seluruh SMK di DIY, dengan tujuan meningkatkan keterampilan wirausaha, mengembangan strategi inkubasi wirausaha, mendorong kreativitas siswa dalam mengembangkan produk bernilai jual, membantu siswa tidak mampu, meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja, mendorong pertumbuhan sentra kewirausahaan belia/muda, meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda, menurunkan angka kemiskinan di DIY, dan menciptakan lapangan kerja baru. 
 
Program ini dikembangkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diharapkan mampu meningkatkan jiwa wirausaha siswa SMK dari keluarga miskin, menciptakan kelompok wirausaha, mengurangi pengangguran, membuka lapangan pekerjaan baru, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Dinas Koperasi UKM DIY bersama Disdikpora DIY melakukan kolaborasi dalam rangka mengembangkan wirausaha pemula sejak usia sekolah.  Pertumbuhan wirausaha pemula menjadi salah satu pendorong penumbuhan wirausaha baru yang menyokong capaian rasio kewirausahaan, dalam RPJMD DIY. 
 
Momenku Siap Berkemas merupakan inovasi dalam pengembangan inkubasi wirausaha di SMK, dengan melibatkan berbagai tahap pendampingan dan pengembangan keterampilan siswa. Program ini memperluas pembelajaran kewirausahaan dengan pendampingan dari mitra industri dan dunia usaha, serta dukungan dari Komite Vokasi dan Produktivitas Daerah DIY. Dalam penerapannya, Momenku Siap Berkemas memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki. (Cak/Rls)
 




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment