News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Mahasiswa Universitas Janabadra Antusias Ikuti Kuliah Umum Bersama Wamenkominfo

Ratusan Mahasiswa Universitas Janabadra Antusias Ikuti Kuliah Umum Bersama Wamenkominfo




WARTAJOGJA.ID : Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta menggelar kuliah umum Semester Ganjil Tahun Angkatan 2023/2024 di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Jumat (15/9).

Hadir sebagai keynote speaker acara yang dihadiri ribuan mahasiswa itu Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nezar Patria yang didampingi Dekan FP Universitas Janabadra Dr. Untoro Hariadi, MSi selaku moderator.

Kuliah umum itu mengangkat tema Pembangunan Bangsa Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nezar Patria dalam paparannya mengatakan transformasi digital telah membawa sejumlah peluang dan tantangan bagi Generasi Z, termasuk dalam konteks penggunaan kecerdasan buatan (AI). 

"Beberapa peluang itu diantaranya akses informasi dan pendidikan yang lebih luas, pengembangan karir di bidang AI, dan kemudahan berbisnis.
Adapun tantangannya antara lain kesenjangan digital, keamanan dan privasi data, serta tantangan etika," kata Nezar

Nezar menyoroti bahwa ketergantungan pada teknologi juga menjadi salah satu tantangan. 

"Gen Z beresiko menghabiskan terlalu banyak waktu online bahkan mengalami dampak negatif dalam kesehatan fisik dan mental mereka,” kata Nezar dalam acara yang disambut antusias mahasiswa lewat berbagai pertanyaan itu.
 
Disebutkan Nezar, pembangunan manusia serta penguasaan iptek merupakan salah satu pilar visi Indonesia 2045. Data per tahun 2021, populasi orang muda di Indonesia mencapai 23,90 persen dari total populasi atau sebesar 64,92 juta jiwa. Generasi muda usia 15-30 tahun inilah yang akan menjadi tulang punggung Indonesia Emas 2045.

Kementerian Kominfo telah menyiapkan beberapa program pengembangan talenta digital. Langkah pendekatannya dilakukan melalui tingkatan level. 

Pada peningkatan kemampuan kecakapan digital dasar sasarannya adalah masyarakat umum. Literasi digital ini utamanya bertujuan untuk meningkatan perekonomian digital.
Selanjutnya terdapat intermediate digital skill yang menargetkan kalangan pekerja level teknis dan profesional. 

Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakat pada sektor digital 
di level teknis serta penyaluran kerja di industri. 

Di jenjang advanced digital skill, targetnya adalah praktisi tingkat pimpinan institusi pemerintahan maupun swasta.

“Dalam program pengembangan talenta digital ini, kami bekerjasama dengan 34 pemerintah provinsi dan 514 kabupaten/kota. Sepanjang tahun ini ditargetkan jumlah peserta lebih dari 100 ribu orang di semua jenis pelatihan,” kata Nezar.

Berdasar perhitungan dibutuhkan 9 juta orang talenta untuk mendukung transformasi digital Indonesia.

Sejumlah mahasiswa UJB pun melontarkan pertanyaan pada Nezar. Salah satunya soal apakah di masa mendatang, teknologi robot akan menggeser peran manusia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment