News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Bidang Perminyakan

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Bidang Perminyakan


WARTAJOGJA.ID :  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta  (UPNVYK) resmi mengukukuhkan dua guru besar baru bidang perminyakan. 

Pengukuhan berlangsung dalam Sidang Terbuka Senat Akademik UPNVYK, Sabtu (2/9/2023). Kedua guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Drs. Herianto, M.T dan Prof. Dr. Ir. Aris Buntoro, M.T. Pengukuhan guru besar UPNVYK berlangsung di Gedung Auditorium UPN Veteran Yogyakarta.

Kedua guru besar baru UPNVYK dikukuhkan atas konstribusi di bidang perminyakan, Prof. Dr. Ir. Drs. Herianto, M.T  pidato inagurasi berjudul  penerapan konsep well integrity dan manajemen drilling untuk kebersihan project pemboran eksplorasi sedangkan Prof. Dr. Ir. Aris Buntoro, M.T. menyampaikan orasi ilmiah berjudul Sumbangan Penelitian Geomekanik dan Mineralogi dalam Memahami Karakter Serpih (Shale) terkait dengan Borehole Instability dan Pengembangan Shale Hydrocarbon (Migas Non-Konvensional).

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. dalam sambutannya mengatakan
dikukuhkannya dua guru besar baru pada hari ini, berarti UPN ”Veteran” Yogyakarta memiliki tambahan SDM yang secara kapasitas sudah sangat teruji keilmuannya. 


"Hal ini, tentunya akan membuat keberadaan UPN ”Veteran” Yogyakarta semakin diakui oleh masyarakat dan dunia. Sebab, jabatan guru besar menunjukkan pengakuan akan kompetensi di bidang akademik," kata Rektor.

Rektor menambahkan, semakin banyak guru besar yang dikukuhkan menunjukkan bahwa semakin banyak pakar yang kita miliki. Ini tentunya akan berdampak pada penilaian terhadap UPN ”Veteran” Yogyakarta yang semakin baik, dan ini akan semakin meningkatkan kualitas semua.
 
"Pengukuhan guru besar ini, merupakan kebangaan bagi UPN ”Veteran” Yogyakarta, dan meningkatkan daya saing UPN”Veteran” Yogyakarta dimata dunia pendidikan," kata dia.



Dengan pengukuhan dua guru besar pada kesempatan ini UPN ”Veteran” Yogyakarta memiliki 13 Guru Besar. Pencapaian ini perlu ditingkatkan lagi kedepannya. 
 
"Semoga  pengukuhan  guru besar hari ini juga menginspirasi para akademisi yang lain untuk segera menjadi guru besar," kata dia.

Dengan banyaknya Lektor Kepala yang kita miliki, artinya kita punya potensi untuk menambah guru besar dalam jumlah yang cukup besar. Tentu, dengan kemauan yang keras, mereka pasti juga mampu mencapai jabatan guru besar ini.

" Tolong disadari, bahwa pencapaian guru besar ini bukan saja merupakan capaian pribadi sebagai seorang dosen, namun juga menjadi capain universitas yang sangat penting," ujar Rektor.
 
Atas nama pribadi maupun selaku Pimpinan UPN “Veteran” Yogyakarta, dengan penuh kebanggaan, Rektor ucapkan selamat dan apresiasi atas capaian tertinggi bagi seorang dosen yaitu jabatan Guru Besar/Profesor kepada Prof. Dr. Ir. Drs. Heriyanto, M.T. telah menyampaikan orasi ilmiah dan dikukuhkan sebagai Profesor/ Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Pemboran pada Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta dan Prof. Dr. Ir. Aris Buntoro, M.T. dan telah menyampaikan orasi ilmiah dan dikukuhkan sebagai Profesor/ Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Pemboran pada Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta.

Rektor mengatakan orasi ilmiah Prof. Dr. Ir. Drs. Heriyanto, M.T. berjudul “Penerapan Konsep Well Intregrity Dan Manajemen Drilling Untuk Keberhasilan Project Pemboran Eksplorasi” dan Prof. Dr. Ir. Aris Buntoro, M.T. berjudul “Sumbangan Penelitian Geomekanik dan Mineralogi dalam Memahami Karakter Serpih (Shale) terkait dengan Borehole Instability dan Pengembangan Shale Hydrocarbon (Migas Non-Konvensional)” jika diambil intinya, mengaplikasikan geomeknik dan mineralogi dalam industri hulu migas.

Antara lain untuk meminimalisir shale problems (borehole instability) agar dapat memperkecil Non-Productive Time (NPT) dalam drilling operation, dan untuk pemodelan frakabilitas dalam pengembangan shale hydrocarbon yang saat ini di Indonesia potensinya sangat besar dan masih “virgin”. 

Orasi ilmiah Prof. Dr. Ir. Drs. Heriyanto, M.T. dan Prof. Dr. Ir. Aris Buntoro, M.T. sungguh sangat implementatif, dan dapat menjadi semangat untuk rekan sejawat agar dapat terus meningkatkan hasil penelitian yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta terutama berkaitan dengan Teknik perminyakan khusnya pada kegiatan pemboran.

"Setelah mecapai Guru Besar tidak lalu berhenti berkarya. Ada tanggung jawab akademik yang besar di pundak para Guru Besar untuk terus berkarya dan berinovasi sesuai dengan bidang keahliannya. Teruslah berkarya, UPN “Veteran” Yogyakarta menantikan karya-karya Guru Besar agar terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara, serta UPN “Veteran” Yogyakarta yang unggul dan berdaya saing," kata Rektor. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment