News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan DIY Dilantik

Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan DIY Dilantik


WARTAJOGJA.ID . Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) kini hadir di Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) diketuai oleh           drg. Rini Sunaring Putri, MKes. FISQua. Pelantikan Pengurus KREKI Wilayah DIY masa bhakti 2023 – 2027 oleh Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS selaku Ketua Umum Pengurus Pusat KREKI berlangsung di Ruang Auditorium Kresna Lt.5 Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada.

Dr. dr Supriyantoro, Sp.P, MARS menerangkan bahwa Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) adalah wadah perkumpulan bagi para relawan emergensi kesehatan yang berbasis aplikasi teknologi informasi. KREKI didirikan bertepatan dengan Hari Relawan Sedunia pada tanggal 5 Desember 2018 di Jakarta, Indonesia.

“Kecepatan dan ketepatan pemberian pertolongan gawat darurat kepada korban oleh masyarakat sangat diperlukan. Untuk itu diperlukan sistem dan pengorganisasian yang mengintegrasikan antara keberadaan masyarakat yang membutuhkan pertolongan/ korban dengan relawan yang minimal sudah tersertifikasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk memberikan pertolongan gawat darurat dengan cepat dan tepat.” lanjutnya.

drg. Rini Sunaring Putri, MKes. FISQua menyampaikan “Kehadiran KREKI Wilayah DIY diharapkan dapat memberikan pelayanan konsultasi dan membantu saat kondisi gawat darurat, serta mampu meningkatkan kepedulian masyarakat dalam hal emergensi kesehatan.”

Selain pelantikan pengurus, KREKI DIY juga mengadakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan menghadirkan narasumber ahli di bidang kegawatdaruratan dari Jakarta dan DIY. Materi pelatihan antara lain tentang teknik menolong orang dengan henti jantung, tersedak benda asing, tersengat petir dan listrik, tenggelam, cara pengangkutan korban dan pembidaian.  (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment