News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketahui Potensi Resiko Penyakit Sejak Dini, Manfaatkan Fitur Skrining Aplikasi Mobile JKN

Ketahui Potensi Resiko Penyakit Sejak Dini, Manfaatkan Fitur Skrining Aplikasi Mobile JKN


Benediktus Santoso Nugroho

WARTAJOGJA.ID - Menjaga prioritas kesehatan merupakan hal mutlak yang wajib dijaga serta dilakukan oleh semua orang. Bahkan, kesehatan telah menjadi kebutuhan utama manusia dalam menjaga ritme tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit. Berkaitan akan hal itu, tentu saja jaminan kesehatan berupa Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan wajib diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Salah satu anggota Komunitas Sedulur Jogja Istimewa (SJI) Yogyakarta bernama Benediktus Santoso Nugroho mengaku lebih tenang apabila memiliki jaminan kesehatan. Pekerjaan yang menyita pikiran dan tenaga sewaktu-waktu dapat menyebabkan penurunan kesehatan tubuh apabila tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, karena itu memiliki jaminan kesehatan yang dapat digunakan sewaktu waktu adalah keputusan yang bijak.

Menurut Nunu, sapaan akrabnya sehari-hari, dengan terdaftar sebagai peserta JKN maka pasti akan sangat bermanfaat sekali jika dirinya terjadi hal yang tak terduga selama melakukan pekerjaan di sepanjang jalan. Sebagai sopir online, tentu dirinya tak menampik sering merasa kelelahan selama di perjalanan mengantar tamu-tamu baik dari domestik maupun internasional.

“Bagi saya Program JKN ini sangat penting dan bermanfaat, apalagi saya sebagai seorang sopir online, kesehatan adalah yang utama. Karena jika sakit, tentunya saya tidak dapat bekerja. Untunglah ada program ini, jadi ada yang menjamin biaya kesehatan saya dan keluarga, kalau ada apa-apa kami sudah tidak perlu khawatir lagi,” ungkap Nunu, Jumat (7/9/2022)

Nunu juga menambahkan, iuran yang ia keluarkan untuk Program JKN tidak sebanding dengan besarnya manfaat dan rasa aman yang ditawarkan oleh Program JKN. Hal ini karena hampir semua penyakit masuk dalam tanggungan Program JKN. Ini juga yang menurut Nunu merupakan nilai tambah dari Program JKN.

“Program JKN sangat dirasakan manfaatnya dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, terutama kepada saya dan keluarga. Tidak hanya membantu peserta dalam mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Program JKN juga membantu peserta untuk melakukan skrining kesehatan guna mengetahui potensi risiko penyakit yang diderita sejak dini melalui Aplikasi Mobile JKN,” ungkap Nunu.

Seluruh peserta JKN yang berusia minimal 15 tahun boleh melakukan skrining riwayat kesehatan. Adapaun skrining riwayat kesehatan tersebut dilakukan satu kali dalam satu tahun. Dengan skrining riwayat kesehatan maka sejak dini kita dapat mengetahui risiko penyakit yang bisa terdeteksi seperti diabetes mellitus, hipertensi, ginjal kronis dan jantung koroner. Para peserta Program JKN yang melakukan skrining riwayat kesehatan dapat mencegah beberapa penyakit tersebut, sehingga sedini mungkin dapat ditindaklanjuti kondisinya segera.

“Baru saja kemarin saya melakukan skrining riwayat kesehatan dengan Aplikasi Mobile JKN. Ada 47 pertanyaan, awalnya saya diminta untuk mengisi berat badan, tinggi badan, dan mengisi kontak keluarga yang bisa dihubungi. Selanjutnya ada pertanyaan yang berkaitan dengan kebiasaan kita dan gelaja yang muncul pada suatu penyakit,” ujar Nunu.

Dari hasil yang didapatkan, Nunu memiliki risiko rendah dari keempat penyakit tersebut, maka muncul saran-saran kesehatan anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari. Peserta yang mendapatkan hasil skrining kesehatan memiliki risiko sedang hingga berat, maka akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar.

“Ternyata menggunakan Aplikasi Mobile JKN sangat mudah dan banyak fitur yang disediakan dari pengurusan administrasi hingga pelayanan kesehatan, seperti perubahan data dan pendaftaran online itu sangat mempermudah masyarakat dalam pemanfaatan Program JKN,” tuturnya.

Nunu menambahkan, diusia yang tidak muda lagi ia harus tetap menjaga diri sendiri agar tetap sehat. Selain itu, berlatar belakang dari pekerjaan apapun pasti sangat membutuhkan prioritas utama yaitu sehat. Sehat inilah yang menjadi kunci utama orang yang dengan latar belakang mengais rejeki atau pekerjaan di jalanan.

“Dengan skrining kesehatan saya dapat mengetahui lebih awal dan mengatisipasi penyakit-penyakit yang tidak diinginkan, apalagi di usia yang semakin bertambah, menjaga pola hidup sehat adalah kewajiban,” tutupnya. (Cak/Rls)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment