News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inspiratif, 91 Pelajar SMK di Jogja Raih Penghargaan Wirausaha Belia

Inspiratif, 91 Pelajar SMK di Jogja Raih Penghargaan Wirausaha Belia


WARTAJOGJA.ID: Sebanyak 91 wirausaha belia dari berbagai sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di DIY mendapatkan penghargaan dari Pemda DIY. 

Para pelajar ini mampu menciptakan peluang usaha hingga beromzet di atas Rp100 juta per bulan. 

Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X mengatakan, pengembangan minat kewirausahaan pada siswa SMK sangat strategis untuk menyiapkan generasi yang produktif dan berkarakter. 

Melalui program Momenku Siap Berkemas, Pemda DIY memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan kemampuan wirausaha.

“Momenku Siap Berkemas ini menjadi salah satu upaya melibatkan siswa SMK untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda dan menekan angka kemiskinan dengan wirausaha,” kata Pakualaman pada Apresiasi Wirausaha Belia di Yogyakarta, Selasa (5/9/2023). 

Program ini menjadi model manajemen kelompok usaha siswa partisipasi untuk memberantas kemiskinan. Program ini sudah berjalan sejak 2022 lalu. Selain bekerja di sektor industri, siswa SMK juga didorong berwirausaha. 

“Perlu kolaborasi dan sinergi dengan mitra-mitra strategis dalam membangkitkan semangat berwirausaha. Anak-anak harus didukung agar berkembang, menjadi insan wirausaha yang kompeten, mandiri dan sukses,” katanya. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardaya mengatakan, 91 wirausaha belia ini berasal dari berbagai bidang usaha yang tersebar di lima kabupaten/kota di DIY. Siswa mampu membangun usaha dengan omzet yang cukup besar. 

“Hari ini juga diserahkan tujuh SK Gubernur DIY tentang SMK BLUD, untuk menyiapkan SMK yang mampu mereplika dunia industri dan dunia kerja,” katanya.

Salah satu penerima penghargaan, Mohamad Alva Priyandhito, sukses mengembangkan usaha loper sayur dan jamur dari petani ke pedagang di Pasar Playen, Prambanan dan Pasar Wonosari. 

Setiap bulannya mampu meraih omzet hingga Rp100 juta.  
“Saya mengembangkan usaha ini terinspirasi dari orang tua yang jualan sayur. Bersama empat teman saya mengembangkan loper sayur dan jamur,” katanya.(Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment