News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Kebudayaan Gumregah Tumandang Gawe di Daerah Istimewa Yogyakarta

Gelar Kebudayaan Gumregah Tumandang Gawe di Daerah Istimewa Yogyakarta




WARTAJOGJA.ID. Berbagai Kalurahan se Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta dengan dukungan Kunda Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan gelaran pementasan gelar potensi Se Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.  Perhelatan tersebut adakan dilangsungkan di Lapangan Kalurahan Muylodadi, Bantul, pada tanggal 19-20 September 2023.

“Gelar potensi ini akan menampikan berbagai potensi seni dan budaya serta produk-produk UMKM dari 22 Kalurahan dan Kelurahan Budaya yang ada di Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta.” Ujar Vincent Kristiadi, Selaku Ketua Panitia.
Dalam pembukaan nanti akan ditampilkan langgam Jawa dan pameran Potensi masing-masing Kalurahan dan Kelurahan Budaya di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. Kedua daerah tersebut memang memiliki potensi seni dan budaya yang cukup beragam. Kelurahan dan Kalurahan budaya tersebut tidak hanya memiliki potensi di bidang kesenian tapi potensi budaya seperti upacara adat, kuliner, kerajinan, sastra, dan bangunan cagar budaya.

Sejumlah kalurahan budaya di Kota Yogyakarta yang akan terlibat meliputi Kelurahan Terban, Kricak, dan Gedongkiwo. Sedangkan di Kabupaten Bantul ada Kalurahan Srigading, Mulyodadi, Trimurti, Gilangharjo, Seloharjo, Selopamioro, Sriharjo, Girirejo, Triwidadi, Sitimulyo, Srimulyo, Panggungharjo, Bangunjiwo, Sabdodadi, Argodadi, Sendangsari, Dlingo, Muntuk, dan Parangtritis. 

Menurut Vincent Kristiadi, setiap kelurahan dan kalurahan budaya akan menampilkan geliat dan spirit kebersamaan yang siap dikompetisikan melalui tampilan potensi yang dimiliki oleh setiap kelurahan dan kalurahan. Beberapa pertunjukan yang akan ditampilkan diantaranya adalah Sandirwara Bahasa Jawa, Reog wayang Wong, Dramatari, Jathilan, Upacara Adat Sendang Sinungmaya, dan lain-lain. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment