News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKY 2023 Bertajuk Kembul Mumbul, Digelar Tiga Pekan

FKY 2023 Bertajuk Kembul Mumbul, Digelar Tiga Pekan


WARTAJOGJA.ID : Salah satu festival paling legendaris dan tertua di Yogyakarta, Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) bakal kembali digelar selama tiga pekan, mulai 24 September hingga 15 Oktober 2023.

Event yang digelar pertama kali 1989 silam dengan nama Festival Kesenian Yogyakarta itu, tahun ini akan dipusatkan di kawasan destinasi Waduk Sermo Kabupaten Kulon Progo. Dengan tema Kembul Mumbul.

"Tema Kembul Mumbul ini ingin mengangkat kisah bahwa dalam sejarah, bumi Mataram (Yogyakarta dan sekitarnya) pernah menjadi food estate (lumbung pangan) yang menyejahterakan masyarakatnya," kata Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono Selasa 12 September 2023.

Dari sejarah itu, festival kali ini berfokus pada berbagai aspek tentang ketahanan pangan atau pelestarian bahan pangan lokal di Yogyakarta.

Kata Kembul dalam terminologi Jawa berarti aktivitas makan bersama di satu media saji yang sama, saling berbagi dengan berbagai lauk yang tersedia. Sedangkan Mumbul berarti 
upaya melambungkan sesuatu hal yang dianggap penting untuk menarik perhatian warga atau orang-orang di sekitarnya.

"Tema Kembul Mumbul ini dapat dipahami sebagai upaya menarik perhatian warga tentang pentingnya rasa saling berbagi," kata Beny.

Perhelatan FKY 2023 diharapkan menjadi ruang merayakan keberadaan beragam hasil kebudayaan yang lahir dan tumbuh di Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan event FKY 2023 ini di re-branding tak terbatas pada lingkup hiburan kesenian saja.

"Tetapi semua aspek yang menggambarkan kebudayaan, kultur yang hidup di masyarakat,” imbuhnya.

Seniman asal Yogyakarta, Butet Kartaradjesa yang juga Koordinator FKY 2023 mengatakan dengan mengusung tema ketahanan pangan, tahun ini FKY juga akan menyuguhkan berbagai kebudayaan yang berkaitan erat dengan pangan.

Sehingga FKY tidak hanya akan menampilkan pertunjukan-pertunjukan yang sifatnya hiburan semata.

“Event yang digelar juga berkaitan dengan masalah pangan, sumber pangan, isu pertanian, hasil pangan yang diolah menjadi karya kreatif, menjadi kuliner, semua ditampilkan selain berbagai seni yang berkaitan dengan tema pangan,” ujarnya.

Belasan agenda yang akan digelar dalam FKY 2023 seperti Pawon Mumbul, Pasar Raya FKY, Panggung FKY, Lokakarya, Searah Rasa, FKY Bugar, FKY x Jogja Book Fair, Wicara FKY, Pameran Nget-ngetan, hingga Siniar FKY. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment