Elizabeth : Dengan Aplikasi Mobile JKN Efisiensi Biaya, Tenaga dan Waktu
WARTAJOGJA.ID – Salah satu Ibu Rumah Tangga (IRT) asal
kota Yogyakarta bernama Elizabeth Susetyowati membagikan pengalaman hidupnya
selama menggunakan atau memanfaatkan layanan Aplikasi Mobile milik BPJS
Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN. Ibu
dari dua anak tersebut tak segan-segan menceritakan tentang manfaat dari
layanan aplikasi ini.
Ditemui
oleh media di kediamannya di Yogyakarta, Elizabeth bercerita bahwa banyak sekali
manfaat yang diperolehnya dengan menggunakan layanan aplikasi tersebut. Sebab,
menurutnya Aplikasi Mobile JKN bisa mempermudah dalam mengakses apapun terutama
pelayanan kesehatan.
“Saya
ini kan seorang ibu umur 61 tahun yang sudah tidak punya suami, anak saya dua
dan tidak bekerja. Sehingga, yang saya butuhkan saat ini adalah pelayanan yang
praktis dan efisien seperti Aplikasi Mobile JKN ini. Jadi, saya ga perlu
repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus administrasi,”
kata Elizabeth optimis, Rabu (06/9/2023).
Elizabeth
juga mengatakan, Aplikasi Mobile JKN ini dapat digunakan sebagai kartu digital
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu, ia juga kerap
memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk pendaftaran pelayanan online.
“Tentunya,
banyak manfaat didapatkan dengan aplikasi yang bisa diakses melalui handphone sendiri, dapat
mengubah data sendiri sehingga membuat kita tidak perlu mengeluarkan biaya
untuk menempuh perjalanan jauh ke kantor. Hal tersebut juga tidak menghambat
kita dalam memperoleh layanan kesehatan yang dibutuhkan sewaktu-waktu,” tambah
Elizabeth.
Lebih
lanjut, Elizabeth mengatakan bukan hanya terbantu oleh kemudahan layanan
administrasi saja, melainkan juga layanan kesehatan yang dirasakan ia dan kedua
anaknya. Ia mengakui dengan adanya inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, itu
membuat peserta JKN jadi sangat menguntungkan. Selain efisiensi biaya, juga
efisensi tenaga dan waktu.
Perihal
layanan Aplikasi Mobile JKN ini, dirinya beranggapan bahwa sebetulnya sedikit
gaptek namun kedua anaknya bersedia mengajarkan dan menjelaskan aplikasi
tersebut, maka Elizabeth begitu yakin dengan bentuk pelayanan yang praktis
serta efisien tersebut.
“Awalnya
bingung bagaimana caranya menggunakan Aplikasi Mobile JKN, tetapi pas di
fasilitas kesehatan pernah diajarkan oleh petugas disana. Lalu di rumah juga dibantu
bahkan diajarkan oleh anak-anak saya untuk bisa menggunakan Aplikasi Mobile JKN
dan ternyata sangat mudah sekali dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di
Aplikasi Mobile JKN, sekarang saya bisa menggunakan sendiri aplikasi ini,
bahkan saya mendaftar periksa ke faskes menggunakan anteran online,” ujarnya.
Cara mengakses
antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN sangat mudah yakni, pertama
unduh Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store/App Store. Setelah berhasil
melakukan registrasi dan login aplikasi, buka Fitur Pendaftaran Pelayanan
(Antrean), pilih sesuai kebutuhan antrean di Fasilitas Kesehatan Tingkat
Pertama (FKTP) atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).
Selanjutnya jika peserta akan mendaftar di FKTP maka peserta memilih poli, lalu
memilih tanggal pendaftaran, dan selanjutnya memilih dokter, kemudian mengisi
keluhan. Sedangkan untuk pendaftaran di FKRTL hanya diperuntukkan bagi peserta
yang telah memiliki nomor rujukan. Jika selesai, maka akan muncul nomor antrean
dan estimasi waktu pelayanan peserta.
“Jika
estimasi waktu pelayanan sudah dekat, saya baru minta diantar anak-anak ke FKTP.
Jadi tidak perlu menunggu lama bahkan berjam-jam, anak-anakpun tidak mengeluh
harus menunggu saya lama di FKTP. Semuanya sangat efisiensi waktu,” ungkap
Elizabeth.
Program
JKN ini sangat dibutuhkan sekali, mulai dari orang yang kurang mampu bahkan sampai
orang berkecukupan. Karena biaya berobat sangat besar, lalu sakit itu bisa
datang kapan saja.
“Saya
bukan dari latar belakang orang mampu dari sisi ekonomi, tentunya saya harus
terdaftar sebagai peserta JKN, karena saya sangat membutuhkan uluran tangan
dari BPJS Kesehatan, saya bangga telah menjadi peserta JKN,” tutup Elizabeth. (Cak/Rls)
Post a Comment