News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

AKN Seni Budaya Yogyakarta Luluskan Penggiat Seni Yang Mumpuni

AKN Seni Budaya Yogyakarta Luluskan Penggiat Seni Yang Mumpuni



WARTAJOGJA.ID: Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta kembali meluluskan  mahasiswa Diploma 1 dari Program Studi Seni Tari, Seni Karawitan dan Kriya Kulit pada acara wisuda AKNSB TA 2022/2023, Kamis (7/9/2023) di Kampus AKN Seni Budaya Yogyakarta, Sewon, Bantul.

Sebanyak 57 mahasiswa yang lulus dan diwisuda siap mengabdi kepada masyarakat di bidang pengembangan seni dan budaya.

Sekda DIY Beny Suharsono  berkesempatan menyerahkan ijazah para lulusan cumlaude bersama Direktur AKN Seni Budaya  Yogyakarta, Supadmo. 

Beny mengatakan, seni dan budaya dalam konteks pembangunan DIY merupakan penunjuk identitas diri. Hal ini bisa dikolaborasikan dengan pembangunan birokrasi kalurahan melalui pendekatan seni dan budaya yang lebih humanis.

Reformasi birokrasi kalurahan dan reformasi pemberdayaan masyarakat adalah tonggak penting menuju pemerintahan yang lebih demokratis, inklusif dan berkelanjutan. 

Hal ini juga mampu memberikan peluang kepada setiap warga untuk berpartisipasi dalam proses keputusan pembangunan.
“Reformasi pemberdayaan masyarakat mengarah pada transformasi menuju kemandirian yang sejati. 

Peran para lulusan AKN Seni Budaya Yogyakarta mampu menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk ketahanan ekonomi dan sosial,” kata Beny.

Para lulusan AKN Seni Budaya  Yogyakarta ini diharapkan bisa mempercepat kemajuan masyarakat. Beny percaya,  penggiat seni dan budaya Yogyakarta memiliki potensi besar untuk mendukung pemberdayaan masyarakat.

Hal ini didukung pemahaman mendalam tentang seni dan budaya di berbagai saluran.

Beny menegaskan, para wisudawan ini adalah aset yang sangat berharga bagi DIY. 

Para alumni memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam mendukung pengembangan industri kreatif dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata. 

Dengan kreativitas dan inovasi, mereka bisa membuka pintu menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dari berdampak positif pada meningkatnya kesejahteraan warga.

“Saya turut berbahagia atas pelepasan lulusan AKNSB Yogyakarta tahun akademik 2022-2023. Kelulusan ini bukan ending dari babak kehidupan, tetapi adalah gerbang awal menapakkan perjuangan hidup demi majunya seni budaya di Indonesia,” kata Beny.

Diketahui, AKN Seni Budaya  Yogyakarta juga meluluskan mahasiswa disabilitas pada periode ini. Hal ini menjadi sangat menarik dan penting, bahwa kampus ini merupakan ruang ramah bagi siapa saja, tanpa memandang keterbatasan, untuk sama-sama membangun seni budaya di Indonesia. 

Sebagai apresiasi atas prestasi AKN Seni Budaya Yogyakarta ini, hadir Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Paniradya Pati Aris Eko Nugraha, Kepala Disdikpora DIY Didik Eko Wardaya, Perwakilan Kadipaten Pakualaman serta para akademisi di DIY

Kasubag TU AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Rais Faisal Akhyar mengatakan
AKN Seni dan Budaya Yogyakarta  terus menyempurnakan diri dan turut berproses agar bisa memberikan pembelajaran yang baik bagi semua mahasiswa termasuk kelompok difabel.

Ia berharap, setelah lulus mereka bisa berkarya di tengah masyarakat dan melestarikan seni budaya Yogyakarta.

“Dan kami harapkan mereka dapat menjadi agen perekat sosial di masyarakat dan kebermanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat Yogyakarta dan umumnya untuk Indonesia,” ungkapnya.

Karena berlatar pendidikan vokasi dan D1 hanya ditempuh selama satu tahun, namun para mahasiswa tetap mendapatkan ilmu secara maksimal.
Terlebih banyak praktik atau agenda pementasan yang diikuti mahasiswa yang semakin mengasah kemampuan mereka dalam berkesenian.  

Misalnya pentas setiap Jumat Legi, pementasan di Museum Sonobudoyo dan agenda lainnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment