News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

100 UMKM Ikut Serta SiBakul Sport Fest 2023

100 UMKM Ikut Serta SiBakul Sport Fest 2023




WARTAJOGJA.ID - Gelaran SiBakul Sport Fest 2023 dengan tema Nyawiji Greget Sengguh Ora Mingkuh siap diselenggarakan 9-10 September di Lapangan Parkir Barat Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Digelar lebih meriah, event yang telah terlaksana sukses tahun lalu ini, kini melibatkan lebih banyak komunitas untuk membantu UMKM Istimewa naik kelas dan dikenal luas. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan tahun 2023 ini, bertepatan dengan peringatan 11 tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY, pihaknya menyelenggarakan event SiBakul Sport Fest dengan lebih meriah. Gelaran dilaksanakan dua hari dan melibatkan berbagai komunitas yang ada di DIY dan berbagai wilayah Indonesia. 

"Kami selenggarakan dua hari Sabtu dan Minggu 9-10 September 2023 di Lapangan Parkir Barat Mandala Krida. Ada 100 UMKM istimewa yang ikut dan berbagai komunitas. Ada e-sport, penghobi lari yang terkonfirmasi 3.500 orang, lalu inline skate, story telling bahkan hingga zumba akan membaur di SiBakul Sport Fest nanti," ungkap Siwi. 

Benar saja, dalam gelaran dua hari SiBakul Sport Fest 2023, akan diadakan berbagai aktivasi kegiatan dengan arah mengenalkan UMKM istimewa di Mandala Krida. Pada hari pertama, Sabtu 9 September akan ada perlombaan inline skate yang diikuti lebih dari 500 peserta dari klub-klub seluruh Indonesia. 

Ada pula event story telling dan lomba E-Sport Mobile Legend dengan peserta lebih dari 500 orang. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai komunitas pecinta game dari kampus dan sekolah di DIY. 

Kemudian Minggu 10 September berlangsung lebih meriah dengan total 3.500 pelari akan ikut dalam SiBakul Sport Fest 10K dan 5K melintasi jalur sumbu Filosofis Yogyakarta. Tak hanya itu, pagi hari usai peserta lari diberangkatkan dari Mandala Krida, diadakan pula Aerofun bersama tiga instruktur berpengalaman yakni Agus Bahar, Mayasari dan Endah Tan. 

"Jadi, nantinya siapa saja yang ingin hadir, misalnya tidak mendapatkan slot lari karena kemarin sangat luar biasa animonya, bisa ikut Aerofun di Mandala Krida, mulai pukul 06.00 dengan berbagai doorprise menarik termasuk voucher belanja UMKM," ungkap Siwi lagi. 

Sebelumnya, Paniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho yang membuka gelaran, Sabtu (9/9/2023) menambahkan, event SiBakul Sport Fest 2023 menjadi sesuatu hal yang menarik dan terus disempurnakan dari waktu ke waktu. Pihaknya berharap ada masukan dari masyarakat untuk terus menyempurnakan apa yang dilaksanakan Pemda DIY yang diamanatkan negara memiliki Undang-Undang Keistimewaan. 

"Tahun ini sudah tahun ke-11 Undang-Undang Keistimewaan DIY. Sinergi yang baik seperti salah satunya SiBakul Sport Fest ini bisa terus digerakkan ke depan. Bagaimana komunitas bisa berkolaborasi dengan pelaku UMKM. Harapannya ini bisa meningkatkan perekonomian di DIY," ungkapnya. 

Kabid Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan menambahkan bakal ada berbagai UMKM yang ada di acara dengan mayoritas food and beverage juga perlengkapan olahraga. Pihaknya menyesuaikan kesukaan komunitas yang ada di event SiBakul Sport Fest. 

"Kami ingin memberikan ruang bagi teman-teman UMKM untuk tumbuh bersama komunitas. UMKM kita istimewa, punya berbagai produk unggulan yang oke, jadi harapannya semua orang yang hadir di SiBakul Sport Fest bisa lebih mengenal lalu kemudian mengenalkan lebih jauh," ungkapnya.

Sementara, Septiadi Pityanta dari Jorace Management sebagai pelaksana SiBakul Sport Fest menambahkan untuk hiburan pengunjung yang hadir, penyelenggara menyuguhkan penampilan artis seperti Ndarboy, Sasya Arkhanisa dan Hasoe Angel. Nantinya para peserta bisa bersukaria sambil nglarisi UMKM yang ada. 

"Untuk jalur lari sangat menarik karena melewati sumbu filosofis, lalu juga kawasan ikonik Jogja. Kami juga memohon ijin pengguna jalan apabila nantinya mengganggu saat SiBakul Sport Fest," lanjutnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment