News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Seniman Djoko Pekik Meninggal, Begini Sepenggal Pesan Terakhirnya

Seniman Djoko Pekik Meninggal, Begini Sepenggal Pesan Terakhirnya



WARTAJOGJA.ID : Pelukis kawakan yang bermukim di Yogyakarta, Djoko Pekik, tutup usia dalam usia 86 tahun pada Sabtu pagi 12 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB.

Seniman yang memiliki delapan anak dan 19 cucu itu, wafat setelah dilarikan di rumah sakit pada Sabtu pagi pukul 07.30 WIB dalam kondisi tak sadarkan diri.

Kepergian Djoko Pekik tak hanya membuat kalangan seniman berduka. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun turut mengirimkan karangan bunga duka cita ke kediamannya di Plataran, Sembungan, Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta.

Putra ke empat Djoko Pekik, Nihil Pakuril menuturkan, ayahandanya itu saat masih bisa beraktivitas memiliki pesan cukup sederhana. Yang perlu dijalankan anak-anak keturunannya dengan bijak.

"Bapak hanya berpesan, agar anak anak dan cucu cucu senantiasa merawat apa yang ada di sini (rumah, galeri, dan karya-karya seni yang dibuat)," kata Nihil di rumah duka.

Nihil menuturkan, selama kurang lebih 10 tahun menderita penyakit diabetes, ayahandanya tetap menjalani aktivitas berkeseniannya penuh semangat. Djoko Pekik terakhir turut dalam pameran yang digelar di Banyuwangi Jawa Timur medio Maret 2023 lalu.

"Bapak masih terus beraktivitas (sebelum wafat), tapi memasuki bulan Agustus ini memang sudah tidak, lebih banyak istirahat," kata dia.

Seniman yang terkenal dengan serial Berburu Celeng-nya itu sempat terjatuh di rumahnya sekitar akhir Juli 2023 yang membuat tangan kirinya patah. Saat itu ia sempat dirawat lima hari di rumah sakit lantas diperbolehkan pulang.

Anak ketiga Djoko Pekik, Bernadeta Inten Lugut Lateng menuturkan menjelang tutup usia, ayahnya memang saat menghadiri acara acara seni rupa harus dibantu menggunakan kursi roda dan didampingi oleh keluarga ataupun asisten.

"Bapak terakhir sempat ke Magelang menghadiri pameran seninya Nasirun," kata Intan.

Prosesi persemayaman Djoko Pekik sendiri juga dilakukan keluarga sesuai dengan keinginannya. Pekik pernah berpesan ingin persemayaman itu melalui rute di Jalan Malioboro lalu singgah di kediaman lamanya yakni di wilayah Wirobrajan Kota Yogyakarta kemudian baru menuju ke rumah duka di Kasihan Bantul.

"Bapak ingin prosesinya melewati Jalan Malioboro, karena beliau sangat suka suasananya di situ semasa hidup, ke manapun perginya pulangnya ia selalu minta lewat Malioboro," 

"Tidak peduli Malioboro sedang macet atau tidak, harus lewat situ, beliau paling senang lihat lampu-lampu malam di Malioboro," kata dia.

Sejumlah pelayat terus berdatangan di rumah duka Plataran Kasihan Bantul sejak Sabtu siang. 

Jenazah Djoko Pekik disemayamkan  selama satu malam di rumahnya, di tengah galeri yang penuh karya-karyanya. Djoko Pekik akan dimakamkan pada Minggu pagi 13 Agustus di Komplek Makam Seniman Imogiri Bantul Yogyakarta. (Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment