Sambut Hari Pelanggan Nasional 2023, Intip Inovasi Customer Experience di Tokopedia Care
WARTAJOGJA.ID : Di era experience economy, konsumen tidak lagi
hanya menginginkan barang atau jasa, tetapi juga pengalaman mengesankan.
Memaksimalkan nilai tambah pada pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi hal yang sangat penting.
“Tokopedia sebagai
perusahaan teknologi Indonesia berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi
pelanggan lewat Tokopedia Care–pusat
layanan pelanggan yang 100% berbasis digital dan tersedia 24/7 melalui
berbagai kanal–sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, tepat
dan transparan,” ungkap Senior Vice
President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe.
Rudy menambahkan,
“Tokopedia Care menggabungkan tiga elemen dalam memberikan customer experience terbaik, yaitu (1) human touch lewat tim Customer First Squad atau CFS, (2) teknologi dan (3) voice
of customer dengan mempertimbangkan umpan balik dari pelanggan.”
Lebih dari setengah
karyawan di Tokopedia Care adalah perempuan
Sebagai perusahaan
teknologi yang inklusif, Tokopedia melalui Tokopedia Care memberikan kesempatan
bagi talenta terbaik dari berbagai latar belakang–termasuk yang berasal dari
Yogyakarta–untuk berkarya bagi Indonesia.
“Saat ini, kantor
Tokopedia Care berlokasi di Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Lebih dari setengah Nakama (sebutan
karyawan Tokopedia) di Tokopedia Care adalah perempuan. Ada juga Nakama
difabel yang ikut berkontribusi melayani pelanggan di Tokopedia,” tambah Rudy.
Hal ini
juga sejalan dengan dengan salah satu
komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers),
yang bertujuan untuk membantu talenta
terbaik menciptakan karya bagi Indonesia tanpa hambatan lewat ekosistem
GoTo termasuk Tokopedia.
Kantor Tokopedia Care Yogyakarta
menyediakan fasilitas yang menunjang Nakama difabel dalam bekerja, seperti meja yang
cukup luas untuk kursi roda, lift yang
mudah di akses, musala serta tempat wudu khusus dan pintu masuk yang lebih
lebar.
Inovasi customer experience di Tokopedia Care
Tokopedia sekarang
sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Pelanggan
Tokopedia pun mencakup pembeli maupun penjual. Maka untuk terus menghadirkan
pengalaman terbaik bagi pelanggan, ribuan
Nakama di Tokopedia termasuk CFS menciptakan berbagai inovasi di ranah customer experience.
“Misalnya lewat manajemen service-based dimana jalur penanganan pertanyaan pelanggan kini
disesuaikan berdasarkan topik sehingga solusi yang ditawarkan Tokopedia Care
bisa lebih akurat serta personalisasi customer experience yang memberikan
pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan,” jelas
Rudy.
Rudy menambahkan,
“Tokopedia Care juga berinvestasi di artificial intelligence (AI) dan
automasi guna meningkatkan kualitas dan efisiensi customer experience melalui automasi dan TANYA (asisten virtual
Tokopedia Care), serta mengembangkan real-time
customer engagement hub yang
merupakan sistem untuk memantau aktivitas internal dan sentimen eksternal
(contohnya di media sosial) secara real-time.”
Selain mengakomodasi
pembeli, Tokopedia juga merupakan rumah bagi lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, yang
notabene penyokong lebih dari 60% PDB nasional. Hal ini mendorong
Tokopedia–melalui Tokopedia Care–senantiasa memberikan nilai tambah bagi
penjual demi sekaligus membantu tumbuh kembang mereka.
Caranya dengan menghadirkan high-end service experience, yang mencakup (1) interaksi dalam aplikasi yaitu kurasi artikel bantuan yang dirancang khusus untuk penjual, (2) low-touch communication yang merupakan sistem customer experience berbasis digital dan (3) high-touch communication yaitu komunikasi lewat Relationship Manager (RM) dan CFS.
“Berkat sederet inovasi
yang telah kami lakukan, Tokopedia Care berhasil memberikan solusi bagi
pelanggan dengan makin cepat, tepat dan efisien. Produktivitas CFS juga makin
meningkat. Hal ini bisa sekaligus mendukung misi besar Tokopedia dalam
menciptakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” tutup Rudy.
Post a Comment