News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuliah Perdana Maba UII Yogya Hadirkan Menkopolhukam Mahfud MD

Kuliah Perdana Maba UII Yogya Hadirkan Menkopolhukam Mahfud MD


WARTAJOGJA.ID: Kuliah perdana bagi mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Prof Mahfud MD sebagai pembicara. 

Kuliah umum ini digelar di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII, Rabu (9/8), dengan peserta sekitar 4.600 mahasiswa. 

Dalam paparannya, Mahfud menjabarkan materi tentang dasar pengembangan ilmu kaitannya dengan kebangsaan. Diawali dari sejarah pendirian kampus UII yang juga tempat Mahfud memulai kiprah sebagai dosen. Dia kemudian menjelaskan tiga nilai dasar UII yakni keilmuan, keagamaan, dan kebangsaan.

“UII didirikan sendiri oleh para pejuang kemerdekaan. Universitas ini dibangun untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berwawasan Islam yang moderat dan menerima semua perbedaan untuk membangun Indonesia,” ujar Mahfud yang merupakan alumni Fakultas Hukum UII. 

Selanjutnya, dia banyak menggambarkan tentang pentingnya belajar ilmu dan agama termasuk dengan mencontohkan sederet temuan karya ilmuwan muslim di berbagai bidang. 

Sementara Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, kuliah perdana ini adalah wujud sukacita menyambut mahasiswa baru. Diharapkan bisa menjadi awal yang baik bagi mereka untuk mengembangkan diri, lebih sensitif dengan publik, dan akan banyak berkontribusi selama menjadi mahasiswa.

“Mudah-mudahan mereka menikmati acara ini dan bisa menambah semangat studi,” ujarnya.

Ditegaskan, tidak ada model perploncoan dalam penyambutan mahasiswa baru. Pihak universitas telah menyiapkan agenda orientasi yang dilanjutkan ke level fakultas, serta sejumlah acara pendalaman keagamaan. Selama satu semester akan diadakan program pesantrenisasi secara bertahap tiap pekan. Targetnya sampai dengan akhir semester depan seluruh mahasiswa akan mengikuti pesantren.

“Tim kami akan mengawal agar jangan sampai ada model plonco. Jika terbukti ada yang menyalahi, akan dikenai sanksi sesuai regulasi,” kata Rektor. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment