News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ISI Yogyakarta Tampilkan Teater Musikal Niskala Nawasena, Ini Pesan Rektor

ISI Yogyakarta Tampilkan Teater Musikal Niskala Nawasena, Ini Pesan Rektor


Teater musikal Niskala Nawasena

WARTAJOGJA.ID:  Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta menyelenggarakan pertunjukan teater musikal dengan judul Niskala Nawasena pada Jumat, 25 Agustus 2023 pukul 19.30 wib di Laboratorium Seni kampus ISI Jl. Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul. 

Niskala Nawasena menampilkan cerita kolosal dengan tema yang lekat dengan masyarakat demokrasi modern. Naskah Niskala Nawasena ditulis dan disutradari oleh Rano Sumarno, M.Sn,  penata lagu oleh Puput Pramuditya, M.Sn., penata iringan oleh Warsana, M.Sn., penata tari oleh Galih Suci Manganti, M.A., dan penata wayang oleh Aneng Kiswantoro, M.Sn.

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. Drs. Timbul Raharjo, M.Hum. dalam sambutannya mengatakan seni dalam ranahnya memiliki fungsi masing-masing.

" Ada seni yang dipakai sebagai pemuas batin saja tetapi juga ada seni yang dipakai untuk masyarakat, juga seni yang dipakai untuk kehidupan," kata Rektor.

Rektor mengatakan seni seni yang diciptakan di ISI Yogyakarta adalah seni seni yang kreatif, inovatif, yang nanti akan dibawa sebagai kepuasan batin juga sebagai seni populer yang mana seni itu bisa menghidupi pelaku seni itu sendiri atau yang dipakai sebagai daya kreatif menjadi industri kreatif.

"Ke depannya ISI Yogyakarta akan menjadi sebuah institusi yang tidak hanya meminta uang pemerintah, tetapi bagaimana kita bisa mengembangkan institusi ini menjadi sebuah Badan Layanan Umum atau BLU," kata dia.

Bentuk-bentuk kesenian seperti ini, kata Rektor, bisa dibawa ke masyarakat, bisa dinikmati oleh masyarakat dengan sistem dan aturan yang dipakai didalam BLU itu sendiri. 

"Alhamdulillah hari ini cukup banyak penonton, artinya bahwa di masa mendatang kita akan coba terus-menerus untuk memasyarakatkan seni yang ada yang diciptakan oleh teman-teman mahasiswa, dosen, dan civitas akademika di Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini menjadi sebuah sajian yang menarik," kata dia.

Baik itu dalam bentuk seni rupa seni pertunjukan maupun seni media rekam. 


Teater musikal Niskala Nawasena
Drama teater musikal kolosal di Jogja ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Dies Natalis ISI Yogyakarta ke-39 yang merupakan hasil kolaborasi dari dosen dan mahasiswa antar prodi yang menggabungkan unsur teater, tari, musik etnik, musik modern, pedalangan, dan animasi.

Niskala Nawasena mengisahkan perjuangan anak muda dalam merebut kembali kerajaan Dwipantara setelah dikudeta oleh para pemberontak dibawah pimpinan Ahengkara. 

Raja Adhikara yang terusir ke dalam hutan harus berjuang dengan luka panah di dadanya. Sementara Ratu Buana tersandera di dalam istana sebagai tahanan. Niskala mengatur siasat dengan pasukan yang tersisa untuk merebut kembali kedaulatan.

Tidak hanya menghadirkan pertunjukan teater kolosal yang dipadukan dengan musik, kisah Niskala Nawasena juga merupakan metafora dari permasalan bangsa Indonesia saat ini. 

Raja Adhikara sebagai gambaran amanat kemerdekaan terus terancam oleh gangguan perpecahan, radikalisme, multi krisis, dan dekadensi moral yang digambarkan dengan sosok antagonis tokoh Ahengkara. 


Teater musikal Niskala Nawasena

Bila ancaman-ancaman itu terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin negeri ini akan tercerai berai menjadi bagian-bagian yang terpecah seperti gambaran Ratu Buana yang menjadi tawanan Ahengkara.

Maka dibutuhkan perlawanan untuk menyelamatkan bangsa dari segala kehancuran.

Niskala adalah gambaran sosok sang generasi emas, anak muda pewaris bangsa memimpin perlawanan dengan tekad merebut kembali kemerdekaan yang hakiki. 

Karena semua generasi muda bangsa ini adalah Niskala yang berjiwa kuat, dan Nawasena yang berpandangan masa depan yang cerah. (Cak/Rls)




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment