News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ISI Yogyakarta Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2023

ISI Yogyakarta Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2023



WARTAJOGJA.ID : Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 bertepat di Laboratorium Seni ISI Yogyakarta Kamis 24 Agustus 2023.

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. Drs. Timbul Raharjo, M.Hum. dalam sambutannya meminta para mahasiswa baru ke depan fokus dengan tugas-tugasnya sehingga dapat lulus dengan baik.

"Kami harap para mahasiswa selama berkuliah, dapat menuntaskan tugas tugasnya dengan baik, jangan sampai banyak yang malah tidak lulus atau drop out, karena itu dampaknya tak hanya bagi mahasiswa tapi juga kampus kita sendiri, grade kita akan turun," kata Timbul.

Para mahasiswa baru, kata Rektor, sudah selayaknya bangga sehingga semakin giat belajar. Karena mereka masuk ISI Yogyakarta artinya mengalahkan beberapa kompetitor lain yang berusaha masuk kampus tersebut.

Ketika memasuki perguruan tinggi mahasiswa baru mengalami proses transisi dari iklim belajar di sekolah ke perguruan tinggi. 

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannyamenempuh Pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Masa ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. 

Kegiatan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. 

Dengan kata lain, melalui PKKMB bisa memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. 

PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi, dan lainnya. 

Upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB. 

Selain itu PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 5.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang- orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasikemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. 

Kompetensi- kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat.

PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. 

Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan kariernya serta pentingnya belajar sepanjang hayat. 

PKKMB menyiapkan mahasiswa baru dalam upaya mitigasi dan tindakan yang perlu disiapkan untuk mengantisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di daerah melalui pemberian materi muatan lokal. 

Dengan demikian, mahasiswa baru nantinya dapat mengambil peran dalam upaya mengurangi risiko terjadinya bencana alam dan bekal dalam menghadapi kondisi bencana alam yang tidak bisa dilepaskan dari kondisi geografis bangsa Indonesia. (Cak/Rls)
 
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment