News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogyakarta Inisiasi Gerakan Pramuka DIY Dengan Program Saka Wirausaha

Yogyakarta Inisiasi Gerakan Pramuka DIY Dengan Program Saka Wirausaha


WARTAJOGJA.ID: Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DIY menginisiasi pembentukan Saka Wirausaha. 

Pengurus Saka Wirausaha yang baru satu-satunya ada di Indonesia itu rencananya akan dilantik bertepatan momentum Festival Pramuka Jogja (FPJ) 2023.

“Gagasan muncul sejak tiga tahun lalu. Sementara ini Kwarcab Gunungkidul sudah membentuk Saka Wirausaha sedangkan kabupaten/kota lain akan dikukuhkan saat FPJ nanti,” kata Wakil Ketua Kwarda Pramuka DIY Edy Hari Suasana saat jumpa pers, Selasa (11/7).

Saka Wirausaha merupakan sayap organisasi Pramuka yang bertujuan menumbuhkan ekosistem kewirausahaan bagi generasi muda. Satuan karya ini adalah hasil kolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM DIY. Saka Wirausaha khususnya menyasar anggota Pramuka Penegak dan Pandega.

Dalam perjalanannya, ide tersebut ternyata berhasil menarik minat daerah lain salah satunya Kwarda Jambi, yang menyatakan akan ikut hadir saat prosesi pelantikan tanggal 15 Juli mendatang. Sesuai regulasi jika terdapat setidaknya 8 provinsi yang membentuk sebuah Saka, maka satuan itu bisa disahkan dalam musyawarah nasional. 

Kegiatan FPJ 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung dua hari pada Sabtu (15/7) dan Minggu (16/7) di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna, Babarsari, Sleman. 

Selain pelantikan, festival juga diisi sejumlah agenda lain seperti pelatihan digital marketing, jejaring pengolahan sampah mandiri, pentas budaya daerah, pioneering Pramuka, workshop, bazar produk UMKM, donor darah, dan jalan sehat.

“Nanti juga ada perlombaan seperti lomba foto, reportase, cerdas cermat, dan melukis. Berbagai agenda itu sesuai tujuan penyelenggaraan festival antara lain meningkatkan peran Pramuka dan mengembangkan hubungan dengan masyarakat,” ujar Edy.

Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Srie Nurkyatsiwi berharap Saka Wirausaha dapat menjadi wadah pencetak wirausahawan yang tangguh. 

Provinsi DIY sebagai basis ekonomi kreatif menjadi ladang potensial untuk menumbuhkan generasi muda yang aktif, inovatif, dan berani membuat usaha sendiri. Oleh sebab itu, konsep pendekatan ekonomi sirkuler dipilih sebagai tema besar event FPJ 2023. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment