News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UMY Launching Buku UMY SDGs Report

UMY Launching Buku UMY SDGs Report




WARTAJOGJA.ID: Dunia pendidikan diharapkan dapat memiliki peran tinggi dalam mendorong ketercapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu institusi pendidikan merasa sangat penting untuk dapat berkontribusi dalam tercapainya SDGs.

Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., I.P.M. menuturkan, dengan berbagai program yang ada, perlu dilakukan evaluasi dan pelaporan atas apa saja yang sudah dilakukan oleh UMY. 

"Tahun ini, UMY meluncurkan buku laporan bertajuk 'UMY SDGs Report' yang merincikan implementasi SDGs oleh UMY serta dampak yang dihasilkan selama satu tahun sebelumnya," ujarnya di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachrudin A UMY, Senin 24 Juli 2023.

Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK menyampaikan, jika selama ini UMY telah melakukan berbagai kegiatan yang menyasar seluruh poin SDGs yang dicanangkan oleh pemerintah. 

Hal ini menjadi penting bagi UMY untuk menyampaikan laporan kepada publik.

"Dengan peluncuran buku laporan ini, kami juga ingin menunjukkan bahwa komitmen UMY terhadap program-program capaian SDGs sangatlah besar. Artinya, UMY sebagai institusi pendidikan tidak hanya berfokus pada kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian yang dilaksanakan secara rutin. Namun ikut mendesain dan melaksanakan program-program yang sasarannya pada ketercapaian SDGs di Indonesia," ungkap Faris yang menjadi pengarah dalam penyusunan buku UMY SDGs Report.

Diluncurkannya Laporan SDGs ini juga menjadi momentum untuk memperkuat profil institusi pendidikan dan perannya dalam kehidupan sosial dan lingkungan, serta hal-hal yang menjadi bagian dari SDGs.

"Karena itu, beragam program yang dilakukan oleh UMY menitikberatkan pada dampak yang lebih luas kepada masyarakat, baik secara sosial, ekonomi, kesehatan, maupun lingkungan.
Caranya, seluruh aspek kegiatan mulai dari penelitian, pengabdian, serta aktivitas kemahasiswaan harus mempertimbangkan dan diarahkan pada implementasi SDGs," ucapnya.

Faris juga berharap bahwa dengan pengimplementasian SDGs di UMY, dapat menjadikan civitas academica semakin menyadari arti penting dari sustainability atau keberlanjutan.

"Program-program dengan sasaran SDGs in semakin memperkuat komitmen dan program-program UMY lainnya dalam melestarikan lingkungan seperti program Kampus Sehat, Green Campus, serta
Kampus Bebas Asap Rokok," jelasnya.

Dalam penyusunan buku laporan ini, Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) selaku pengawas implementasi SDGs di UMY telah membentuk tim Ad hoc yang secara teknis dapat membantu menyusun laporan secara lebih terperinci. 

Ir. Tony K. Hariadi, M.T., IPM selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Strategis PP UMY mengatakan jika seluruh data yang terkandung dalam buku laporan ini sudah dihimpun oleh BPP UMY dan diklasifikasikan ke dalam poin SDGs yang sesuai dengan data tersebut.

"Penghimpunan data dan penyusunan laporan in memakan waktu sekitar 3 bulan. Dan laporan ini juga berdasarkan hasil pengajuan dan pemeringkatan dalam Times Higher Education Impact Rankings sebagai lembaga internasional yang memberikan penilaian atas dampak dari sebuah institusi terhadap pengimplementasian SDGs," terangnya.

Tony juga menyampaikan jika selama ini UMY secara rutin sudah merilis laporan SDGs setiap tahunnya. 

"Seluruh laporan SDGs yang diterapkan UMY dapat diakses di website BPP UMY.
Namun, karena tahun ini sudah ada koordinasi dengan Pak Faris selaku Wakil Rektor, kami dapat menyusun laporan SDGs secara lebih sistematis dengan berupa buku," katanya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment